Senin, 28 Desember 2015

Perbedaan Kimono dan Yukata Pakaian Asal Negeri Sakura

Jepang, jika melihat budayanya, salah satu keunikan yang ada dijepang ialah busana yang digunakan. Jepang memiliki busana yang bernama Kimono dan Yukta, Kimono dan Yukata ini biasanya kita lihat di film atau lainnya lebih mengenal dan sering mendenger kimono dibandingkan yukata.

Perbedaan Kimono dan Yukata Pakaian Asal Negeri Sakura

Perbedaan dari Kimono dan Yukata memang terlihat bentuk umumnya yang sangat mirip, sehingga tidak terlalu jelas. Kimono ialah pakaian tradisional khas jepang sedangkan yukata ialah jenis kimono berbahan katun tipis yang biasa dipakai dihari biasa.

Perbedaan Kimono dan Yukata Pakaian Asal Negeri Sakura

Perbedaan kimono dan yukata pakaian asal negeri sakura


1. Tingkat Formalitas

Yukata biasa dipakai untuk acara yang non formal,seperti saat melihat pesta kembang api, suasana santai, atau saat musim panas tiba. Sedangkan Kimono ialah pakaian yang hanya digunakan disaat acara formal seperti disaat upacara minum teh, pesta pernikahan, dan acara lainnya.

2. Harga

Yukata dijual dengan harga yang bisa jangkau lapisan masyarakat. Dan penjualan yukata pun bisa ditemukan ditoko - toko pakaian. Sedangkan kimono dengan harga yang sangat luar biasa mahalnya dan toko yang menjualpun langka.

3. Bahan

Yukata terbuat dari katun tipi dan biasanya tanpa pelapis. Dengan memiliki corak yang dinamis dan santai. Sedangkan Kimono bahan yang digunakan ialah kain sutra. Dan motif yang ada di kimono lebih rumit dan variasi warna yang banyak.

4. Status Pemakai

Yukata dapat dipakai oleh siapa saja dan tanpa memberikan status. Sedangkan kimono, dengan memakainya, orang tentu bisa tahu status yang ada di orang tersebut biasanya dilihat dari ukuran lebar lengan kimono.

5. Cara Pemakaian

Pemakaian yukata tidak terikat, dapat menggunakan yukata tanpa menggunakan pakaian dalam. Cukup dengan lapisan pertama (hadajuban). Sedangkan kimono pemakaiannya harus lebih ketat serta terikat. Dengan wajib menggunakan 2 lapis pakaian yakni hadajuban dan juban. serta menggunakan kaos kaki.

6. Obi

Obi yang ada di yukata sangat sederhana karena berupa kain dililitkan dan dipita pada bagian belakang dan berukuran lebih kecil. Sedangkan obi yang ada di kimono adanya bantalan kecil dan lebih besar serta berbentuk terlihat megah seperti bentuk kupu - kupu pada bagian belakang.
Itulah perbedaan kimono dan yukata pakaian asal negeri sakura. Semoga bermanfaat.

Perbedaan Kimono dan Yukata Pakaian Asal Negeri Sakura
Kimono
Perbedaan Kimono dan Yukata Pakaian Asal Negeri Sakura
Yukata

Perbedaan Kimono dan Yukata Pakaian Asal Negeri Sakura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar