Jumat, 12 Februari 2016

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dalam Dunia Penjajahan

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme - Pada zaman dahulu kala, dibeberapa negara yang telah melakukan penjajahan dinegara lain memiliki tujuan antara lain untu memperluas daerah wilayah kekuasaannya, mencari sumber daya alam yang sebanyak mungkin, untuk menguasai tempat - tempat yang vital atau strategis dari suatu daerah atau wilayah. Untuk keinginan dalam menguasai daerah lain yang sangat nyata terjadi dimasa itu. Contoh nyata akibat penjajahan ialah jatuhnya konstantinopel yang awalnya ialah tempat strategis dalam perdagangan, tapi karena telah ditaklukan oleh Turki Usmani, membuat para pedagang dan pembeli dari eropa tidak dapat masuk lagi kekota itu. penjajahan dapat dibedakan menjadi dua yakni kolonialisme dan juga imperialisme. Berikut ini perbedaan kolonialisme dan imperialisme dalam dunia penjajahan.

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dalam Dunia Penjajahan

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme

1. Asal Kata
  • Kolonialisme : Koloni = pemukiman
  • Imperialisme : Imperator = memerintah
2. Pengertian
  • Kolonialisme : Tindakan ataupun upaya dalam menguasai atau mempunyai suatu daerah atau wilayah, yang dilakukan oleh suatu negara penguasa dalam mencari berbagai hal seperti Sumber Daya dan juga yang lainnya.
  • Imperialisme : Suatu sistem didalam dunia politik yang memiliki tujuan dalam menguasai negara lain untuk mendapatkan kekuasaan ataupun keuntungan dari negara yang telah dikuasainya.
3. Contoh
  • Kolonialisme : Negara Portugis, Spanyol, Belanda
  • Imperialisme : Negara Jepang, dan Negara Inggris
4. Tujuan
  • Kolonialisme : Menguras habis SDA dari negara bersangkutan untuk diangkut kenegara induk.
  • Imperialisme : Menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan negara yang bersangkutan.
Demikianlah informasi mengenai perbedaan kolonialisme dan imperialisme dalam dunia penjajahan. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai perbedaan, silahkan berkunjung ke blog perbedaan, semoga bermanfaat.

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme dalam Dunia Penjajahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar