Senin, 27 Juni 2016

Perbedaan Otak Kiri dan Kanan Dalam Hal Berpikir Manusia

Perbedaan Otak Kiri dan Kanan - Kita seringkali mendengar penggambaran dari seseorang berdasarkan dari fungsi otaknya. Untuk orang -  orang dengan otak kiri akan lebih dominan menghasilkan pintar matematika, dan untuk otak kanan lebih unggul didalam berkreativitas. Otak sendiri memang terbagi menjadi dua bagian yakni otak kanan dan otak kiri. Kedua struktur otak ini sangatlah kompleks, namun teori modern telah mengatakan jika masing - masing bagian ini mempunyai peranan untuk berbagai macam jenis pemikiran. Sangat sulit sekali untuk memisahkan kedua struktur otak ini, namun percobaan telah menunjukkan jika satu sisi bagian otak mempunyai jenis pemikiran tertentu yang memang lebih banyak dari pemikiran di sisi bagian otak yang lainnya. Hal ini juga menunjukkan jika masing - masing dari kita lebih menyukai satu mode pemikiran dibanding yang lain. Menurut teori, otak kanan bertanggung jawab dengan cara acak, holistik, intuitif, pemikiran subyektif dan menyatukan. Sedangkan untuk otak kiri berperan penting dalam berpikir logika, rasional, obyektif, analitis dan skuensial. Terdapat perbedaan antara keduanya baik itu dari hal memecahkan suatu masalah atau juga cenderung berpikir. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaannya, dibawah ini akan dijelaskan informasi tentang perbedaan otak kiri dan kanan dalam hal berpikir manusia.

Perbedaan Otak Kiri dan Kanan Dalam Hal Berpikir Manusia

Perbedaan Otak Kiri dan Kanan

1. Mengontrol Otot
  • Otak Kanan : Di bagian kiri tubuh
  • Otak Kiri : Dib bagian kanan tubuh
2. Dominan
  • Otak Kanan : Untuk bagian bahasa
  • Otak Kiri : Untuk kemampuan spasial
3. Oriented
  • Otak Kanan : Tidak detail oriented
  • Otak Kiri : Detail oriented
4. Aspek
  • Otak Kanan : Cenderung menggunakan kreativitas dalam memecahkan suatu masalah dengan mengandalkan intuisi dan lebih cepat dalam menangkap gambaran keseluruhan situasi
  • Otak Kiri : Menggunakan logika rasional dalam mengidentifikasi penyebab masalah lalu berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya.
Demikianlah informasi tentang perbedaan otak kiri dan kanan dalam hal berpikir manusia. Untuk mendapatkan informasi yang lainnya seputar perbedaan, dapat kunjungi blog perbedaan lengkap, semoga bermanfaat.

Perbedaan Otak Kiri dan Kanan Dalam Hal Berpikir Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar