Rabu, 08 November 2017

Perbedaan Barang dan Jasa Berdasarkan Pengertian dan Ciri-Cirinya

Perbedaan barang dan jasa sebenarnya telah jelas berbeda satu sama lain. Barang dan jasa memang tidak pernah bisa dipisahkan satu sama lain dalam kegiatan perekonomian kita. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya terlebih dulu kita pahami apa makna kedua perihal tersebut. Apa yang dimaksud barang? Barang merupakan satu produk fisik secara terlihat atau berwujud sehingga bisa diberikan kepada pihak pembeli, sehingga bisa dipindah tangankan dari pihak penjual ke pihak pembeli. Barang sendiri memiliki ciri-ciri, seperti berwujud, berguna dan bernilai. Sehingga kegunaan dari barang ini dapat dirasakan ketika digunakan. Bila digunakan, maka benda, kegunaan dan nilainya bisa berkurang bahkan juga dapat habis.
perbedaan barang dan jasa berdasarkan karakteristiknya,dalam manajemen operasi,perencanaan lokasi,contoh barang dan jasa,menurut para ahli,dilihat dari wujudnya,

Barang sendiri bisa diperoleh baik secara bebas maupun ekonomi. Hal ini juga menjadikannya dikategorikan ke dalam jenis barang ekonomi dan barang bebas. Dimana barang ekonomi merupakan satu barang yang dapat diperoleh berdasarkan hasil pengorbanan, berupa minuman maupun makanan yang membutuhkan dana ketika akan membelinya. Sedangkan barang bebas yakni barang yang dapat diperoleh tanpa adanya pengorbanan, seperti halnya udara dan cahaya matahari. Sedangkan berdasarkan manfaatnya sendiri, barang dikategorikan menjadi barang konsumsi dan barang produksi. Barang konsumsi ini adalah barang yang dapat langsung dipakai serta dikonsumsi pembelinya, seperti pakaian jadi. Barang produksi adalah barang yang baru dapat digunakan ketika telah melewati proses produksi selanjutnya, contohnya kain untuk pakaian. 

Sementara itu, jasa sendiri adalah setiap aktifitas atau tugas jasa yang ditawarkan dari suatu pihak ke pihak yang lain berdasarkan prinsip intangibel. Jasa sendiri tidak mengakibatkan timbulnya perpindahan atas kepemilikan apapun. Hasil produksinya sendiri bisa tak terikat dalam produk fisik atau bahkan bisa terikat dalam produk fisik. Sehingga bisa kita simpulkan perbedaan barang dan jasa berikut ini:

1. Barang tentunya bisa dipegang karena berwujud, berbeda halnya dengan jasa yang tidak bisa kita lihat bentuk fisiknya juga tidak bisa dipegang. Sehingga saat satu pabrik baju menemukan adanya cacat dalam produknya, maka mereka bisa lebih gampang untuk mengamati baju itu kemudian menemukan pemecahan masalahnya. Berbeda dengan jasa, ketika pelanggan satu karyawan salon mendapatkan keluhan dari pelanggannya, maka manajemen pihak salon itu tidak bisa secara langsung menjumpai penyebab keluhan tadi. Sehingga wajib melakukan pengamatan saat transaksi jasa salon yang diberikan pegawai salon.

2. Jasa sendiri tentunya lebih memudahkan banyaknya interaksi di antara pihak penyedia jasa dengan pihak customer atau pelanggannya. Beda halnya dengan benda atau barang, karena saat kita membeli satu pakaian atau makanan, maka kita tidak tahu siapa saja orang yang sudah membuat produk tersebut. 

3. Secara tak langsung, jasa sendiri mengharuskan adanya keterlibatan pelanggan pada produksi jasa tersebut. Seperti halnya jasa pangkas rambut, maka memungkinkan pelanggan untuk ikut andil langsung saat proses pemotongan rambut tersebut. Berbeda halnya dengan ketika kita membeli satu alat elektronik, maka kita cukup membeli dari dunia maya sehingga tak wajib ikut andil langsung pada proses produksi alat elektronik tersebut.

Ya, demikianlah perbedaan barang dan jasa yang memang mempunyai banyak perbedaan berdasarkan pengertian maupun ciri-cirinya.

Perbedaan Barang dan Jasa Berdasarkan Pengertian dan Ciri-Cirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar