Selasa, 24 Oktober 2017

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Fisiknya + Gambar

Cucak ijo atau sering disingkat CI dikenal sebagai varian burung kicau yang baru-baru ini semakin marak dipelihara. Kicauan indahnya yang seringkali diadukan dalam kontes kicau burung menjadi daya tarik para pehobi untuk membudidayakan jenis burung yang satu ini. Di antara banyak jenis burung cucak ijo yang dapat dibudidayakan, ada 2 yang sangat populer. Kedua burung cucak ijo itu adalah cucak ijo Banyuwangi dan cucak ijo Kalimantan.

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi

Cucak ijo Banyuwangi dan Kalimantan merupakan 2 jenis burung yang memiliki kelebihan masing-masing, baik dari segi suara kicauan maupun dari keindahan bulunya. Akan tetapi, di antara 2 jenis cucak ijo tersebut, cucak ijo Kalimantan adalah jenis yang paling diminati. Hal ini karena, cucak ijo Kalimantan dianggap memiliki kicauan yang lebih variatif dan lebih panjang daripada cucak ijo Banyuwangi.


Sumber : hobiburung.com
Selain dari kualitas kicauannya, perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi juga mampu dilihat dari fisiknya, baik dari postur tubuh, warna bulu, perilaku saat ngetrol, maupun bentuk ekornya. Secara sederhana, kami telah merangkum perbedaan kedua jenis burung tersebut dalam bentuk tabel sebagaimana berikut.
PerbedaanCucak Ijo BanyuwangiCucak Ijo Kalimantan
Postur tubuhLebih tidak pendek dengan bentuk yang agak melengkungLebih tidak panjang dan tidak melengkung
Saat ngentrolJambulnya menjadi lebih atraktif atau full njegrik saat ngetrolJambulnya tak atraktif
WarnaBulunya hijau tua dan menjadi lebih jelasBulunya hijau agak kekuning-kuningan
EkorLebih panjang, lebih lentur, dan cenderung melengkungLebih pendek, lebih kaku, dan tak melengkung
KicauanBervariasi terutama saat diaduTidak se-variatif cucak ijo Banyuwangi

1. Perbedaan Postur Tubuh

Perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang pertama bisa kita lihat dari postur tubuhnya. Cucak ijo Banyuwangi umumnya memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan lentur sehingga bakal terlihat agak melengkung. Sedangkan postur tubuh cucak ijo Kalimantan biasanya lebih tidak panjang dan tidak melengkung.

2. Perbedaan Saat Ngetrol

Saat ngetrol, cucak ijo Banyuwangi umumnya akan menjenggrikan jambulnya sehingga terlihat lebih atraktif, sedangkan cucak ijo Kalimantan tidak atraktif, baik saat ngetrol maupu saat tak ngetrol. Jambul yang atraktif adalah salah satu nilai tambah yang membuat cucak ijo Banyuwangi lebih diminati para pehobi burung.

3. Perbedaan Warna

Nah, perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi juga mampu kita lihat secara jelas dari warna bulunya. Cucak ijo Banyuwangi umumnya memiliki bulu dengan warna hijau tua, sedangkan bulu pada cucak ijo Kalimantan mencondong lebih pucat dengan warna hijau kekuning-kuningan. Perbedaan bulu antara cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi mampu Anda lihat seperti pada gambar di atas.

4. Perbedaan Ekor

Karena postur tubuhnya berbeda, maka ekor kedua burung ini pun punya karakteristik yang berbeda pula. Ekor cucak ijo Banyuwangi lebih panjang, lentur, dan melengkung, sementara ekor cucak ijo Kalimantan pendek, kaku, dan tidak melengkung.

5. Perbedaan Kicauan

Nah, perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi yang terakhir terletak pada mutu kicauannya. Cucak ijo Banyuwangi disebut mempunyai kicauan yang lebih variatif, panjang, dan atraktif terutama ketika sedang diadu. Sedangkan cucak ijo Kalimantan sebaliknya. Kicauan mereka mencondong pendek dan monoton.

Dari perbedaan-perbedaan cucak ijo Kalimantan dan Banyuwangi di atas, kita sudah dapat memprediksi, mana jenis burung cucak ijo yang sangat bagus. Ya, cucak ijo Banyuwangi adalah yang terbaik, sesuai dengan harganya yang mencondong lebih mahal. Moga-moga bermanfaat!

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Fisiknya + Gambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar