Selasa, 24 Oktober 2017

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina dari Fisiknya + Gambar

Jalak suren merupakan burung kicau yang paling cerewet dan berisik. Burung endemik Asia Tenggara ini sering dipelihara terutama sebagai penjaga rumah. Burung jalak suren bakal berkicau dengan kencang ketika ada orang asing yang datang ke rumah pemeliharanya. Akan tetapi, jalak suren yang mencondong memiliki perilaku seperti ini dikenal sebagai jalak suren yang berjenis kelamin jantan. Jalak suren betina diketahui lebih tenang dan tak se-agresif pejantannya.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Karena perilaku antar jenis kelaminnya yang berbeda, maka Kamu perlu tahu bagaimana spesifikasi dan ciri dari masing-masing jenis kelamin burung yang satu ini. Kamu mesti tahu seperti apa perbedaan jalak suren jantan dan betina biar tidak dikibuli oleh penjual nakal saat membelinya di toko burung atau penangkaran.


Perbedaan jalak suren jantan dan betina sesungguhnya dapat dengan gampang diketahui dari fisiknya. Kita bisa mengetahui apakah seekor jalak suren berjenis kelamin jantan atau betina dari ukuran dan bentuk tubuh, bentuk kepala, paruh, bulu, ekor, jari, serta dari jambul di kepalanya. Secara sederhana, perbedaan fisik kedua jenis kelamin burung ini telah kami sediakan dalam bentuk tabel sebagaimana berikut.
PerbedaanJalak Suren JantanJalak Suren Betina
Ukuran tubuhRelatif lebih besarCenderung kecil
Tubuh berbentukLonjong dan panjangBulat dan cenderung pendek
KepalaBesar dan bulatRamping
ParuhPanjang dan kokohLebih pendek
BuluBulu hitam mengkilap bagian bawah tubuh menjadi lebih bersihBulu putih di tubuh bagian bawah terlihat kusam
EkorPanjang dan bulunya menyatuPendek dan halus
JariLebih kokoh dan panjangLebih pendek
JambulLebih panjang dan melebarPendek dan tidak lebar

1. Perbedaan Ukuran dan Bentuk Tubuh

Perbedaan jalak suren jantan dan betina yang pertama bisa kita identifikasi dari tubuhnya. Tubuh jalak suren jantan biasanya relatif lebih besar dengan bentuk yang lonjong dan panjang. Sedangkan jalak suren betina umumnya memiliki tubuh yang berukuran tidak besar dengan bentuk bulat dan pendek.

2. Perbedaan Kepala dan Paruh

Membedakan jalak suren jantan dan betina juga mampu dilakukan dengan melihat kepala dan paruhnya. Kepala jalak suren jantan mencondong lebih tidak kecil dan bulat sementara paruhnya lebih tidak pendek dan kokoh. Adapun jalak suren betina umumnya memiliki kepala dengan bentuk yang lebih ramping dan pendek. Perbedaan kepala jalak suren jantan dan betina bisa Kamu lihat seperti pada gambar.

3. Perbedaan Bulu dan Ekor

Perbedaan jalak suren jantan dan betina selanjutnya terletak pada warna bulu dan ekornya. Bulu gelap jalak suren jantan cenderung mengkilap dan bagian bawahnya lebih bersih, sedangkan bulu putih jalak suren betina mencondong lebih kusam di bagian bawahnya. Adapun untuk bulu ekor, jantan biasanya memiliki bulu yang lebih tidak pendek dan menyatu dibandingkan betinanya.

4. Perbedaan Jari

Perbedaan ini juga bisa menjadi ciri utama dalam membedakan jenis kelamin jarak suren. Betina suren umumnya memilii jari lebih tidak panjang dari jantannya, sementara jari pejantan suren selain panjang juga akan terlihat lebih kokoh.

5. Perbedaan Jambul

Saat jambul di kepalanya mengembang, kita juga bakal melihat perbedaan khusus antara pejantan dan betina suren. Jantan umumnya memiliki jambul panjang dan melebar, sementara betina mempunyai jambul yang saat mengembang terlihat pendek dan menciut.

Nah, itulah beberapa perbedaan jalak suren jantan dan betina yang bisa menjadi panduan Anda saat akan membeli burung penunggu kediaman ini. Moga-moga bisa bermanfaat!

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina dari Fisiknya + Gambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar