Selasa, 24 Oktober 2017

Perbedaan Save dan Save As pada Program Komputer

Bagi para pengguna komputer, fungsi SAVE dan SAVE AS pastinya adalah dua fungsi yang telah sangat akrab bagi mereka. Kedua fungsi pada aplikasi komputer ini adalah sama-sama digunakan sebagai perintah untuk menyimpan sebuah dokumen atau file hasil kerja mereka. Akan tetapi, kalau ditelisik lebih dalam lagi, kedua fungsi itu ternyata mempunyai beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan Save dan Save As tersebut? Nah, untuk tahu jawabannya silakan simak pembahasan singkat berikut ini!

Perbedaan Save dan Save As

Perbedaan Save dan Save As

Perbedaan Save dan Save As terletak pada perihal mendasar, seperti fungsi spesifiknya, jalan pintas (short cut) yang dapat digunakan, penentuan tempat penyimpanan serta format penyimpanan dari file yang akan disimpan. Secara sederhana, perbedaan kedua fungsi ini dapat dijelaskan seperti tabel berikut.
PerbedaanSaveSave As
FungsiMenyimpan hasil perubahan pada file yang telah tersimpan sebelumnya di komputer.Menyimpan hasil perubahan pada file baru atau file yang akan diubah nama dan formatnya.
Jalan pintasCTRL + SCTRL + ALT + S
Penentuan tempat penyimpananDitempat file tersimpan sebelumnyaTempat penyimpanan ditentukan oleh pengguna
Format penyimpananDitentukan komputerDitentukan pengguna

1. Perbedaan Fungsi

Secara sederhana, fungsi Save pada program komputer merupakan satu perintah bagi komputer untuk menyimpan hasil perubahan pada suatu file yang dimana file tersebut sebelumnya sudah tersimpan di komputer. Sebagai contoh, ketika Anda membuka suatu file Microsoft Word di komputer, kemudian merubah isinya, maka fungsi save bakal menyimpan hasil perubahan itu ke dalam file yang sama. Fungsi save juga memiliki fungsi yang sama dengan Save As, khususnya pada penyimpanan file baru.

Sedangkan fungsi Save As dikenal sebagai perintah bagi aplikasi komputer untuk menyimpan suatu file yang sebelumnya tidak ada didalam komputer. Dalam artian, fungsi Save As akan menyimpan suatu file baru atau file lama yang bakal diubah atau nama filenya. Jika kita menyimpan suatu file lama menggunakan fungsi Save As, maka tentu akan ada 2 file sama pada komputer dengan nama atau format yang berbeda.

2. Perbedaan Jalan Pintas

Perbedaan Save dan Save As juga terletak pada jalan pintas atau short cut yang bisa kita gunakan untuk melakukan perintah keduanya. Fungsi save dapat dilakukan dengan menekan tombol CTRL + S secara bersamaan, sementara fungsi Save As dilakukan dengan menekan tombol CTRL + ALT + S.

3. Perbedaan Penentuan Tempat Penyimpanan

Perbedaan Save dan Save As juga terdapat pada penentuan tempat penyimpanan dari file yang akan disimpan. Fungsi save akan menempatkan hasil perubahan pada file yang terdapat pada tempat di mana file tersebut pertama kali disimpan. Kecuali kalau file itu adalah file baru, maka tempat penyimpanan itu mampu ditentukan oleh pengguna.

Sedangkan fungsi Save As akan menyimpan suatu file pada tempat yang ditentukan oleh pengguna melalui jendela seperti ditampilkan gambar berikut.

Perbedaan Save dan Save As

4. Perbedaan Format Penyimpanan

File yang disimpan dengan fungsi Save bakal mempunyai nama dan format yang ditentukan oleh aplikasi komputer. Contohnya, ketika kita akan menyimpan file gambar hasil olahan program Photoshop, maka file itu secara default akan tersimpan dalam nama Untitled dan format PSD. Sementara kalau kita menggunakan fungsi Save As, kita mampu mengatur nama dan format sesuai dengan keinginan kita, misalnya digambar disimpan dengan nama “Perbedaan” dan format “JPG, PNG, GIF, dan lain sebagainya.

Nah, itulah sejumlah perbedaan Save dan Save As pada aplikasi komputer. Moga-moga setelah mengetahui perbedaan-perbedaan ini, Anda tidak akan salah lagi dalam menentukan perintah mana yang dipilih untuk menyimpan file Anda. Moga-moga bermanfaat!

Perbedaan Save dan Save As pada Program Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar