Rabu, 29 Juni 2016

Perbedaan Antigen dan Antibodi Respon Imun Dalam Tubuh

Perbedaan Antigen dan Antibodi - kedua istilah ini biasa ditemuka di bidang kedokteran. Antigen dan antibodi memang sering menyebabkan kebingungan dibenak para medis pelatihan. Orang awam pun akan berpikir jika kedua istilah ini adalah sama, padahal asumsi ini adalah salah karena antigen dan antibodi berdiri dalam hal yang sama sekali berbeda. Antigen berkaitan erat dengan zat yang memicu respon imun didalam tubuh yang akan menciptakan antibodi. Sedangkan antibodi biasa dikenal sebagai immunoglobulin yakni protein yang diekresikan karena adanya antigen memprovokasi respon imun. Secara pengertian telah membedakan jika kedua istilah ini merupakan hal yang berbeda. Namun terdapat perbedaan lainnya yang dapat membedakan antara antigen dan antibodi supaya lebih jelas. Yang terpenting ialah baik antigen maupun antibodi ialah merupakan hal terpenting untuk imunologi dan penting untuk aktivasi sistem kekebalan tubuh (imun) manusia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara kedua istilah ini, dibawah ini akan dijelaskan informasi perbedaan antigen dan antibodi respon imun dalam tubuh.

Perbedaan Antigen dan Antibodi Respon Imun Dalam Tubuh

Perbedaan Antigen dan Antibodi
1. Pengertian
  • Antigen : Zat pada pengenalan tubuh yang menciptakan kegiatan riam untuk mendorong respon imun.
  • Antibodi : Molekul protein dengan ukuran variasi (hadir dalam darah dan sekresi) yang bertindak atas antigen dalam menghasilkan keputusan terakhir dari perusakan atau inaktivasi.
2. Arti Lain
  • Antigen : Penyebab Penyakit
  • Antibodi : Obat
3. Kandungan
  • Antigen : Protein dan polisakarida
  • Antibodi : Protein murni gamma globulin
4. Tujuan
  • Antigen : Sebagai stimulator dari sistem kekebalan tubuh (generator antibodi).
  • Antibodi : Untuk mengikat serta menonaktifkan semua partikel asing (termasuk antigen) didalam tubuh yang menimbulkan suatu ancaman terhadap sistem manusia.
Demikianlah informasi seputar perbedaan antigen dan antibodi respon imun dalam tubuh. Untuk mendapatkan informasi yang lainnya tentang perbedaan, dapat kunjungi blog perbedaan lengkap, semoga bermanfaat.

Perbedaan Antigen dan Antibodi Respon Imun Dalam Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar