Jumat, 12 Agustus 2016

Perbedaan Akulturasi dan Asimilasi Dalam Kebudayaan Masyarakat

Perbedaan Akulturasi dan Asimilasi - Kebudayaan atau Culture berasal dari bahasa latin yaitu Colore yang berarti pemeliharaan, pengolahan tanah untuk dijadikan tanah pertanian. Sedangkan kebudayaan, berasal dari akar kata bahasa sansekerta yakni Buddayah dari budhi atau akal. Dengan pengertian lain kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa serta karsa dari manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebudayaan sangat berhubungan erat dengan masyarakat. Istilah yang diungkapkan oleh Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan jika segala sesuatu yang ada didalam masyarakat sangat ditentukan oleh kebudayaan masyarakat itu sendiri dengan memandang sebagai sesuatu yang turun menurun dari satu generasi menuju ke generasi yang lainnya yang disebut dengan superorganic. Secara umum pengertian dari kebudayaan yaitu segala sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi gagasan atau ide yang terdapat didalam pemikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari - hari, kebudayaan bersifat abstrak. Jika bicara tentang kebudayaan, terdapat dua istilah yang sangat mencolok berkenaan dengan kebudayaan yaitu Akulturasi dan Asimilasi. Salah satu bentuk dari penerimaan atau penyesuaian masyarakat terhadap perubahan sosial atau budaya yang baru disebut dengan asimilasi. Namun apa beda antara kedua istilah tersebut antara Akulturasi dan Asimilasi. Untuk mengetahui tentang kedua istilah ini, berikut kami sampaikan informasi mengenai perbedaan Akulturasi dan Asimilasi dalam kebudayaan masyarakat.

Perbedaan Akulturasi dan Asimilasi Dalam Kebudayaan Masyarakat

Perbedaan Akulturasi dan Asimilasi


1. Pengertian

  • Akulturasi : Percampuran antara dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling mempengaruhi
  • Asimilasi : Pembauran antara dua kebudayaan yang disertai dengan kehilangan ciri khas kebudayaan asli sehingga akan membentuk kebudayaan baru.

2. Unsur Kebudayaan Asli

  • Akulturasi : Masih ada
  • Asimilasi : Hilang

3. Unsur Kebudayaan Asing

  • Akulturasi : Lambat laun diterima
  • Asimilasi : Bercampur dengan kebudayaan asli

4. Masuknya Kebudayaan Asing

  • Akulturasi : Melalui secara damai tanpa paksaan dan kekerasan, perang, penaklukan
  • Asimilasi : Melalui kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan serta tujuan bersama.
Demikian informasi tentang perbedaan Akulturasi dan Asimilasi dalam kebudayaan masyarakat. Untuk anda yang ingin mengetahui tentang perbedaan dari istilah yang lainnya, bisa berkunjung langsung ke blog perbedaan sesuatu lengkap, semoga bermanfaat.

Perbedaan Akulturasi dan Asimilasi Dalam Kebudayaan Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar