Senin, 06 November 2017

Perbedaan Hacker Dan Cracker Secara Umum Dalam Ilmu Komputer

Perbedaan hacker dan cracker dalam ilmu komputer ini memang wajib kita ketahui sehingga kita tak salah dalam mengartikan keduanya. Dalam keseharian kita, seringkali orang salah dalam mengertikan istilah hacker dan cracker ini. Padahal seorang hacker yang seringkali disebut-sebut sebagai penjahat cyber ini kadang - kadang malah membantu satu sistem di dunia maya dan menyelamatkannya. Sehingga sebutan hacker belum tentunya bisa disebut sebagai penjahat.
perbedaan hacker dengan cracker,pengertian hacker dan cracker,pdf,beda hacker dan cracker,cara kerja,

Sebelum menyimpulkan, sebaiknya kita mengenal terlebih dulu apa yang disebut dengan hacker dan cracker itu. Hacker yang seringkali disebut sebagai penjahat ini merupakan orang atau sekelompok orang yang bekerja dalam mencari kelemahan satu sistem dalam komputer, namun lalu memberikan gagasan baru sehingga sistem itu bakal aman terhadap segala gangguan dari luar.

Sedangkan Cracker merupakan orang yang melakukan tugas untuk mencari kelemahan satu sistem dalam dunia maya lalu dia menggunakannya untuk kepentingannya sendiri dengan mencuri data, menghapus data, merusak data dan perihal lain yang merugikan. Setelah kita ketahui apa yang disebut hacker dan apa yang disebut cracker, maka kita bisa menyimpulkan perbedaan dari keduanya ialah sebagai berikut.

1. Kerja hacker yang menyusup dalam satu situs dari dunia maya ini disertai dengan kemampuan menganalisa situs itu sehingga tak membuat situs menjadi rusak. Kebanyakan dari mereka bekerja dalam menguji satu sistem apakah berjalan dengan baik dan mereka bakal memberitahukan kelemahan sistem itu dan bahkan memberinya solusi. Sedangkan cracker bekerja dengan membuat satu aplikasi sehingga situs yang dia masuki bakal rusak karenanya dan tujuannya merupakan untuk kepentingannya pribadi. Sebagai contoh merupakan pada pencurian kartu kredit, pembobolan rekening pada Bank, virus serta pencurian password e-mail dan lain-lain.

2. Perbedaan hacker dan cracker selanjutnya merupakan bahwa seorang hacker ini mempunyai ide kreatif yang malah bisa sangat berguna untuk satu situs atau perusahaan. Dan aplikasi yang dirancangnya ini bisa bermanfaat untuk siapa saja, sehingga tak bersifat merusak. Akan tetapi seorang cracker akan bisa membuat satu ide yang bagus tapi merugikan pihak lain dan menguntungkan baginya, seperti pada kasus carding atau pembobolan kartu kredit yang seringkali terjadi saat ini.

3. Hacker yang mempunyai banyak ide dan ilmu yang kreatif ini selalu rela aneka dengan siapa saja yang membutuhkan ilmu tersebut, dan dia juga selalu memperdalam dan memperbanyak ilmunya tentang sistem operasi sehingga dia selalu selangkah lebih di depan dari para pemegang perusahaan atau pemilik situs. Akan tetapi para cracker selalu bersembunyi dan pelit dalam berbagi ilmu, dan dia mempunyai channel dalam IRC yang tak seluruh orang bisa mengaksesnya. Cracker juga mempunyai IP address yang paling susah di lacak.

Nah, demikian tadi perbedaan hacker dan cracker dalam ilmu komputer

Perbedaan Hacker Dan Cracker Secara Umum Dalam Ilmu Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar