Senin, 06 November 2017

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Menurut Pandangan Para Ahli

Perbedaan kebudayaan dan peradaban sampai sekarang masih menjadi suatu hal yang membingungkan. Apalagi kalau dilihat dari banyaknya pendapat para pakar mengenai keduanya. Ada yang berpendapat mengenai tak adanya perbedaan di antara kebudayaan dan peradaban. Akan tetapi tak tidak banyak juga pendapat yang mengemukakan perbedaan di antara keduanya. Bagi Kamu yang mau mengetahui pandangan-pandangan dari para pakar tersebut, simak ulasan berikut ini. Berikut adalah pendapat atau pandangan para pakar  mengenai perbedaan antara kebudayaan dan peradaban.
perbedaan kebudayaan dan peradaban menurut para ahli,wujud kebudayaan,contoh,timur tengah dan islam,pengertian,persamaan,menurut koentjaraningrat,

- Menurut Albion Small
Menurut Albion Small, peradaban adalah kemampuan yang dimiliki manusia dalam mengendalikan dorongan dari dasar kemanusiaannya. Dimana peradaban ini bertujuan untuk meningkatkan mutu hidup manusia itu sendiri. Sedangkan kebudayaan lebih mengacu kepada kemampuan yang dimiliki manusia dalam mengendalikan alam. Pengendalian alam ini melewati ilmu pengetahuan serta teknologi. Menurutnya, peradaban mempunyai korelasi dengan pemugaran yang sifatnya kualitatif. Peradaban menyangkut kondisi batin dari manusia dan kebudayaan lebih mengacu pada perihal yang mempunyai sifat faktual, material, relevan serta konkret.

- Menurut Alfred Weber
Perbedaan kebudayaan dan peradaban menurut Alfred Weber yakni peradaban lebih mengacu pada pengetahuan serta intelektual. Dimana peradaban juga adalah komplotan langkah-langkah yang sifatnya teknis dan dipakai untuk mengendalikan alam. Sementara kebudayaan merupakan serangkaian nilai, ide, prinsip normatif yang mempunyai sifat unik. Menurutnya, peradaban mempunyai sifat yang lebih kumulatif serta lebih siap untuk disebar. Akan tetapi lebih rentan terhadap adanya penilaian serta lebih berkembang daripada kebudayaan. 

- Menurut Spengler
Menurut Spengler, peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai taraf yang tidak rendah atau bahkan kompleks. Menurutnya, peradaban adalah kebudayaan yang tak lagi memiliki aspek produktif, telah membeku dan mengkristal. Sementara kebudayaan sendiri adalah sesuatu yang mengacu pada perihal yang hidup serta kreatif. Perbedaan kebudayaan dan peradaban menurutnya adalah, kebudayaan adalah sesuatu yang sedang terjadi. Sedangkan peradaban adalah sesuatu yang sudah selesai. Contoh dari kebudayaan diantaranya yakni makanan, minuman, pakaian dan lain sebagainya. Sedangkan contoh dari peradaban yakni candi Prambanan, Tembok Besar Cina dan lain sebagainya.

- Menurut Daed Joesoef
Menurutnya, kebudayaan adalah sesuatu yang mempunyai ciri serta sifat budaya. Sementara budaya itu sendiri adalah sistem nilai yang dihayati. Sedangkan peradaban adalah gabungan dari kesatuan budaya serta sejarah yang membentuk suatu kondisi masyarakat.

Itulah pandangan menurut para pakar mengenai perbedaan antara peradaban serta kebudayaan. Selain yang telah disebutkan, masih ada sejumlah lagi para pakar lain yang mengemukakan pendapatnya mengenai kedua istilah ini. Dari banyaknya pendapat yang ada, mungkin Kamu bakal tidak banyak kebingungan kalau wajib menarik konklusi dari pendapat-pendapat tersebut. Akan tetapi setidaknya Kamu sudah mengetahui pandangan-pandangan para pakar mengenai kebudayaan serta peradaban. Demikianlah ulasan mengenai perbedaan kebudayaan dan peradaban, semoga bisa menambah pandangan para pembaca.

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Menurut Pandangan Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar