Senin, 06 November 2017

Perbedaan Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Perbedaan hak dan kewajiban sebagai masyarakat negara Indonesia haruslah diketahui oleh masing-masing dari kita. Sehingga dengan pengertian yang benar, kita tak bakal melanggar hak masing-masing orang dan tak juga mengabaikan kewajiban yang sudah dibebankan terhadap kita. Sebagai masyarakat negara Indonesia yang mempunyai dasar hukum, kita tidak dapat melakukan segala sesuatunya sesuai dengan keinginan kita tanpa memikirkan hak orang lain yang mungkin bakal terampas karena tingkah kita. Sebelum mengetahui lebih tidak dekat tentang perbedaan hak dan kewajiban, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu makna kedua kata tersebut.
makalah hak dan kewajiban masyarakat negara indonesia,hak dan kewajiban masyarakat negara republik indonesia,pengertian menurut para ahli,pelanggaran,pdf,contoh hak dan kewajiban masyarakat negara,

Hak bisa diartikan sebagai milik, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu, atau bisa juga diartikan sebagai kepunyaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Adapun makna dari kewajiban merupakan tak boleh ditinggalkan, karena mempunyai kata dasar wajib. Kewajiban juga dapat kita artikan sebagai sesuatu yang wajib dilakukan. Dengan demikian hak ini merupakan sesuatu yang didapatkan oleh setiap masyarakat negara, sedangkan kewajiban merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh masyarakat negara. Adapun hak masyarakat negara ialah sebagai berikut.

1. Mendapatkan tugas dan penghidupan yang layak. Dengan demikian, negara telah semestinya mencari solusi untuk kendala pengangguran dan kehidupan orang miskin yang tak mempunyai tempat tinggal yang layak dengan baik dan sesuai.

2. Ikut serta membela negara, yang artinya ketika terjadi satu ancaman terhadap negara, bukan saja aparat keamanan saja yang berhak untuk membela, namun masing-masing masyarakat juga berhak untuk membela negaranya.

3. Mengeluarkan pendapat di wajah umum juga adalah hak masyarakat negara. Akan tetapi demikian untuk tak diamini melakukan tindakan anarki dalam mengungkapkan pendapat.

4. Memeluk agama sesuai dengan keyakinan juga adalah hal masing-masing individu. Sehingga dalam memeluk agama, tak diamini apabila dilakukan dengan memakai unsur paksaan.

5. Semua orang juga berhak untuk meraih pengajaran dan pendidikan karena masa depan terletak di tangan generasi muda. Maka telah seharusnya sekolah tidak cuma berlaku untuk mereka yang kaya.

Adapun kewajiban masyarakat negara yaitu: 

1. Mentaati pemerintah dan hukum yang berlaku, sehingga walaupun kita merupakan orang terkaya, orang nomor satu atau orang yang paling berpengaruh di wajah bumi, telah seharusnya kita mentaati hukum yang ada.

2. Mempertahankan keutuhan negara merupakan kewajiban kita seluruh tanpa terkecuali.

3. Membela kedaulatan negara juga adalah salah satu kewajiban masyarakat negara Indonesia yang wajib ditaati.

4. Selain ketiga perihal tersebut, sebagai masyarakat negara Indonesia kita juga wajib untuk menjaga citra negara. Sehingga sangat tak diamini untuk menjelek-jelekkan negara di depan maupun di belakang.

5. Kewajiban lainnya merupakan turut memperjuangkan tujuan serta cita-cita negara dengan berbagai macam cara positif.

Demikianlah perbedaan hak dan kewajiban masyarakat dan negara Indonesia.

Perbedaan Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar