Senin, 06 November 2017

Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Sebuah Negara

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dalam satu negara memang wajib kita ketahui bersama. Sebab paling mungkin apa yang sekarang kita lakukan juga berpengaruh bagi pertumbuhan atau perkembangan ekonomi itu sendiri. Dengan demikian, kita bisa lebih meningkatkan usah kita kalau tersebut adalah baik untuk kita dan penduduk. Akan tetapi sebaliknya, kita juga wajib berusaha untuk meminimalisir satu usaha apabila usaha yang kita jalankan ternyata berpengaruh buruk bagi kehidupan sekitar. 
sifat sifat pembangunan ekonomi,sifat pembangunan ekonomi,pengertian menurut para ahli,peranan sda biologi bagi,faktor yang mempengaruhi,cara mengukur,

Pembangunan ekonomi sendiri bisa diartikan sebagai gerakan atau proses kenaikan pendapatan total atau berkapita yang berjalan dengan memperhatikan pemerataan pendapatan serta memperhatikan pertambahan penduduk yang diikuti dengan perubahan struktur ekonomi suatu negara.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai satu proses kenaikan kapasitas produksi dalam perekonomian yang mempunyai bentuk kenaikan pendapatan nasional. Lantas, kapan negara bakal dikatakan sudah atau sedang mengalami pertumbuhan ekonomi? Yaitu apabila negara itu sudah terjadi peningkatan GNP riil. Adapun perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi ialah sebagai berikut:

1. Pertumbuhan ekonomi adalah proses berkembang atau naiknya produk berkapita yang terjadi dalam jangka waktu panjang. Sedangkan pembangunan ekonomi adalah proses perubahan yang terjadi secara terus menerus menuju perbaikan, adapun salah satu dari perubahannya terlihat pada meningkatnya produk berkapita.

2. Pertumbuhan ekonomi dalam prosesnya tak memperhatikan pemerataan pendapatan. Sedangkan dalam pembangunan ekonomi dalam prosesnya memperhatikan pemerataan pendapatan serta pemerataan pembangunan serta hasilnya.

3. Ekonomi yang terus bertumbuh, tak memperhatikan pertambahan penduduk, sedangkan proses pembangunan ekonomi memperhatikan pertambahan penduduk suatu negara.

4. Proses pertumbuhan ekonomi belum tentunya bisa meningkatkan taraf hidup suatu negara atau masyarakat. Sedangkan pembangunan ekonomi dalam prosesnya bisa meningkatkan taraf hidup suatu negara atau masyarakat.

5. Saat suatu negara terjadi pertumbuhan ekonomi maka belum tentunya disertai dengan pembangunan ekonomi, namun ini bisa terjadi sebaliknya karena pembangunan ekonomi suatu negara selalu beriringan dengan pertumbuhan ekonomi.

6. Input pada pertumbuhan ekonomi selalu menghasilkan output yang lebih tidak sedikit namun pada pembangunan ekonomi, input tidak cuma menghasilkan putput yang banyak, namun di sisi lain juga terjadi perubahan dalam kelembagaan serta pengetahuan teknik.

Adanya pabrik-pabrik yang kini mulai marak dibangun di perkampungan, akan membuat perubahan taraf hidup masyarakat. Akan tetapi demikian bakal ada pihak yang dirugikan karena beberapa macam faktor seperti polusi limbah pabrik, polusi suara, jalanan mulai tidak lambat rusak karena keluar masuknya kendaraan berat dan lain sebagainya. Akan tetapi pendapatan penduduk bakal semakin bertambah dan kehidupan akan menjadi lebih maju dari sebelumnya karena dengan taraf ekonomi yang meningkat, sangat memungkinkan untuk setiap anak bisa sekolah ke jenjang, yang lebih tinggi. Dengan demikian pendidikan penduduk juga bakal semakin maju dari tahun ke tahun. Sekian tadi bahasan tentang perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi semoga bermanfaat.

Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Sebuah Negara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar