Selasa, 31 Oktober 2017

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif

Perbedaan bakteri gr positif dan negatif berdasarkan ciri-cirinya. Hans Christian Gram, adalah seorang pakar medis dari Denmark yang sudah mengembangkan satu teknik dalam membedakan jenis dari bakteri sesuai dengan ketebalan lapisan di dinding sel melewati sistem pewarnaan di tahun 1884. Biasanya, bakteri bakal diwarnai melewati campuran yodium dan zat warna violet, kemudian dibilas menggunakan alkohol lalu diwarnai kembali menggunakan zat warna merah. Bila bakteri itu menunjukkan warna yang merah maka termasuk sebagai jenis bakteri gr negatif, sebaliknya kalau bakteri itu berwarna ungu maka termasuk bakteri gr positif.

perbedaan bakteri gr positif dan negatif pdf,positif dan negatif beserta contohnya,contoh bakteri gr positif dan negatif,bakteri aerob dan anaerob,

Sebelum kita membahas perbedaan bakteri gr positif dan negatif, ada baiknya kalau mengulas tidak banyak tentang kedua jenis bakteri ini:

• Bakteri Gram Positif
Bakteri ini mempunyai dinding sel yang bisa menyerap zat warna violet serta memiliki satu lapisan peptidoglikan tebal. Adapun contohnya merupakan Lactobacillus, Actinomyces, Arachnia, Bifidobacterium, Staphylococcus, Propionibacterium dan Eubacterium. Ciri-cirinya merupakan dinding sel yang homogen dengan ketebalan 20-80 nanometer dan tersusun dari senyawa peptidoglican. Bentuk sel dari bakteri gr positif ini merupakan batang atau berbentuk filamen dan bulat. Sistem reproduksi bakteri gr positif melewati pembelahan secara biner. Alat geraknya berupa flagela nonmotil, kalau tak memiliki motil maka menggunakan petritrikus. 

• Bakteri Gram Negatif
Bakteri Gram Negatif adalah bakteri dengan bagian dinding selnya bisa menyerap zat warna merah. Bakteri ini memiliki lapisan peptidoglikan tipis yang ada di ruang periplasmik, yakni antara membran luar dengan membran plasma. Adapun contoh dari bakteri ini merupakan Salmonella Typhi, Rhizobium Leguminosarum, azotobacter, Neisseria gororrhoeae, Pseudomonas aeruginosa, Helicobacter pylori dan Haemophilus influenza. Sesungguhnya bakteri gr negatif mempunyai sifat patogen sehingga lebih berbahaya kalau daripada bakteri gr positif. Hal ini disebabkan membran luar pada bagian dinding sel bisa melindungi bakteri tersebut, bisa menghalangi masuknya zat antibiotik serta sistem dari pertahanan inang. 

Adapun perbedaan bakteri gr positif dan negatif lebih jelasnya bisa kita simpulkan berikut ini:

1. Berdasarkan ciri-ciri
Bakteri Gram Negatif memiliki sistem membran yang ganda dengan membran plasma bakteri dilindungi membran luar permeabel, bakteri negatif juga mempunyai dinding sel peptidoglikan di antara membran luar dan membran dalam. Sementara bakteri gr positif cuma mempunyai membran plasma yang tunggal dengan dikelilingi oleh dinding sel yang tebal dari peptidoglikan. Hampir 90% dinding sel bakteri gr positif ini tersusun dari peptidoglikan.

2. Komposisi dinding sel
Komposisi dinding sel gr negatif terdiri atas kandungan lipid yang tinggi, berbeda dengan komposisi dinding sel bakteri gr positif yang mempunyai kandungan lipid rendah.

3. Ketahanan terhadap antibiotik
Sifat ketahanan terhadap antibiotik untuk bakteri gr negatif sendiri lebih kuat atau tahan, berbeda dengan ketahanan bakteri gr positif yang rentan terhadap penisilin atau antibiotik. 

4. Ketahanan terhadap perlakuan fisik
Bakteri gr negatif mempunyai sifat yang kurang tahan terhadap perlakuan fisik, berbeda dengan bakteri gr positif yang lebih tahan terhadap perlakuan fisik. 

Nah, itulah 4 perbedaan bakteri gr positif dan negatif dari sejumlah faktor. Moga-moga bermanfaat!

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar