Senin, 30 Oktober 2017

Perbedaan Premium dan Pertamax Serta Efek Samping Penggunaannya

Berikut ini bakal disampaikan informasi tentang perbedaan premium dan pertamax serta efek samping pemakaian dari kedua materi bakar tersebut. Premium dan pertamax adalah materi bakar minyak (BBM) yang sedang ramai diperbincangkan. Semenjak bulan November tahun 2014, materi bakar minyak premium mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh subsidi materi bakar minyak untuk premium yang dikurangi. Pemerintah memang secara resmi mengurangi subsidi premium dengan aneka pertimbangan. Akibatnya, tidak sedikit pengguna kendaraan bermotor yang beralih menggunakan pertamax. Akan tetapi tak jarang juga yang masih setia menggunakan premium sampai sekarang.

perbedaan pertamax dan pertamax plus,mencampur premium dan pertamax,

Lalu, apa saja perbedaan antara premium dan pertamax itu sendiri kalau digunakan? Bagi Kamu yang tidak mengetahui perbedaan antara kedua jenis BBM tersebut, Kamu bisa menemukan jawabannya pada uraian berikut. Perbedaan paling mendasar dari kedua jenis BBM ini yakni pada kandungan zat adiktif serta nilai oktan di dalamnya. Nilai oktan adalah ketahanan dari BBM terhadap kompresi mesin. Dimana semakin tidak rendah nilai oktan yang terdapat pada BBM itu maka tentunya akan semakin tahan juga terhadap tekanan kompresi. Begitu juga sebaliknya, kalau nilai oktannya tidak tinggi maka semakin tidak tinggi juga ketahanannya terhadap tekanan kompresi.

Pertamax memiliki nilai oktan atau Riset Oktan Number (RON) 92, sementara premium cuma memiliki RON 88 saja. Dari taraf nilai oktan itu maka sudah bisa disimpulkan bahwa pertamax mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap motor dengan taraf kompresi yang tinggi. Tingkat kompresi setiap motor berbeda-beda, lihatlah spesifikasinya secara mendetail. Bagi Kamu yang mempunyai motor dengan taraf kompresi yang tinggi, sebaiknya gunakan pertamax. Bila Kamu memaksakan untuk memakai premium maka kemungkinan bakal merusak mesin motor Anda. 

Efek samping dari pemakaian BBM dengan nilai oktan tidak tinggi pada mesin yang mempunyai taraf kompresi tidak rendah yakni terjadinya ledakan materi bakar sebelum busi memercikkan bunga api. Hal itu terjadi oleh materi bakar yang tak tahan dengan kompresi mesin yang tinggi. Ledakan itu sendiri bisa mengakibatkan knocking, dimana bakal memberikan efek buruk (merusak) pada komponen mesin. Perbedaan lain antara premium dan pertamax yakni pada kandungan zat adiktifnya. Zat adiktif sendiri mempunyai peran sebagai pembersih, yang menjaga kebersihan dari komponen-komponen mesin. 

Bahan bakar pertamax mempunyai kandungan zat adiktif yang menjaga kebersihan injektor, ruang bakar serta inlet valve. Sementara pada premium, tak ada kandungan zat adiktif seperti yang ditemukan pada pertamax. Dampak samping dari pemakaian premium pada mesin yang berinjeksi biasanya bakal terjadi penyumbatan karena kotoran yang terdapat pada materi bakar tersebut. Itulah perbedaan antara materi bakar premium serta pertamax. Setelah mengetahui perbedaan serta efek samping dari pemakaian kedua materi bakar tersebut, tentunya Kamu akan menjadi lebih berhati-hati. Sekian informasi tentang perbedaan premium dan pertamax serta efek samping penggunaannya.

Perbedaan Premium dan Pertamax Serta Efek Samping Penggunaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar