Rabu, 25 Oktober 2017

Perbedaan BPUPKI dan PPKI dalam Tabel dan Penjelasan

Selama persiapan kemerdekaan Indonesia, ada 2 tubuh yang terbentuk dan berfungsi mempersiapkan segala perihal yang dibutuhkan bagi tata kelola negara Indonesia yang baru lahir. Kedua badan tersebut adalah BPUPKI dan PPKI.

Perbedaan BPUPKI dan PPKI

BPUPKI dikenal sebagai akronim dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, sebuah badan yang dibentuk Jepang untuk menyiapkan hal-hal krusial yang menyangkut tata kelola negara Indonesia yang akan terbentuk, sementara PPKI merupakan akronim dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, sebuah tubuh yang melanjutkan hasil kerja BPUPKI dan mempersiapkan pemindahan kekuasaan dari pihak Jepang kepada bangsa Indonesia sesudah BPUPKI dibubarkan.

Perbedaan BPUPKI dan PPKI

Banyak yang menganggap bahwa BPUPKI dan PPKI merupakan dua badan yang sama. Namun bila dilihat dari sejumlah aspek keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan BPUPKI dan PPKI bisa dilihat dalam tabel berikut ini.
PerbedaanBPUPKIPPKI
KepanjanganBadan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan IndonesiaPanitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Istilah dalam Bahasa JepangDokuritsu Junbi Cosakai Dokuritsu Junbi Inkai
Tanggal dibentuk1 Maret 19457 Agustus 1945
Alasan dibentukMerencanakan persiapan proklamasi kemerdekaan IndonesiaRealisasi dari janji kemerdekaan Indonesia sebab Jepang sudah menentukan akan memberikan kemerdekan bagi bangsa Indonesia
Alasan sebenarnyaJepang menyadari kondisinya sudah kritis sesudah kota Saipan dibom SekutuJepang telah tidak bisa berbuat banyak hal sesudah kota Nagasaki dan Nagasaki dibom Sekutu
Keanggotaan67 orang : 60 tokoh utama pergerakan nasional Indonesia dan 7 orang Jepang21 orang yang seluruhnya dikenal sebagai tokoh utama pergerakan nasional Indonesia
KetuaDr. (K.R.T.) Radjiman WedyodiningratIr. Soekarno
Tugas utamaMempersiapkan hal-hal krusial mengenai tata kelola pemerintahan Indonesia yang merdekaMelanjutkan kerja BPUPKI dan menyiapkan pemindahan kekuasaan dari Jepang ke bangsa Indonesia
Hasil yang dicapaiMenyusun rancangan Undang-undang Dasar 1945Meresmikan dan mensyahkan Undang-undang Dasar 1945
Keterlibatan JepangJepang ikut andil dalam keanggotaannyaJepang tidak ikut andil dalam keanggotaannya

1. Tanggal Dibentuknya

Perbedaan BPUPKI dan PPKI utamanya dapat dilihat dari tanggal dibentuknya. BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945, tepat ketika Jepang mulai menyadari bahwa kondisinya sudah terpojok dan semakin kritis sesudah sekutu membom kota Saipan. Sementara PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945, tepat setelah kota Hirosima dan Nagasaki sebagai kota pusat perekonomian Jepang dibom sekutu.

2. Alasan Dibentuk

Ketika kondisi Jepang semakin terpuruk setelah kalah beberapa kali dalam perang dengan Sekutu, Jepang kemudian menjanjikan kemerdekaan pada negara yang dijajahnya, tergolong Indonesia.

Indonesia sendiri, dijanjikan akan memperoleh kemerdekaan pada tanggal 14 Agustus 1945, sebagai wujud janjinya itu, Jepang lalu membentuk BPUPKI sebagai tubuh yang berfungsi mempersiapkan tata pemerintahan Indonesia yang merdeka, kelak.  Adapun PPKI dibentuk sesudah BPUPKI dibubarkan. PPKI didirikan sebagai realisasi atas janji Kemerdekaan Indonesia yang semakin dekat.

3. Perbedaan Tugas dan Hasil Kerja

Perbedaan BPUPKI dan PPKI juga bisa dilihat dari tugas dan hasil kerja keduanya.

Tugas utama BPUPKI dikenal sebagai mempersiapkan segala perihal yang terkait tata pemerintahan Indonesia yang merdeka, sementara tugas utama PPKI adalah melanjutkan kerja BPUPKI serta menyiapkan pemindahan kekuasaan atas Indonesia dari pihak Jepang ke bangsa Indonesia.

Hasil kerja BPUPKI berupa rancangan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, sementara hasil kerja PPKI dikenal sebagai mensyahkan atau meresmikan Undang-Undang Dasar yang telah dibuat BPUPKI.

4. Keanggotaan dan Keterlibatan Jepang

BPUPKI mempunyai 67 anggota, 60 di antaranya merupakan tokoh utama pergerakan nasional sementara 7 lainnya merupakan orang Jepang. BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat, sedangkan PPKI mempunyai 21 anggota yang semuanya merupakan tokoh pergerakan nasional dengan ketuanya yakni Ir. Soekarno.

Nah, itulah beberapa perbedaan BPUPKI dan PPKI. Moga-moga sesudah membaca artikel ini, Kamu tak lagi heran dan menganggap keduanya sama. Semoga bermanfaat!

Perbedaan BPUPKI dan PPKI dalam Tabel dan Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar