Sabtu, 28 Oktober 2017

Perbedaan DNA dan RNA dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan

Perbedaan DNA dan RNA - DNA dan RNA dikenal sebagai dua organel sel yang menjadi cetak biru dari semua awal kehidupan. DNA dan RNA merupakan rangkaian asam amino yang berguna sebagai penyimpan informasi biologis makhluk hidup. Baik DNA maupun RNA, keduanya tersusun atas makromolekul sederhana yang bekerja dalam proses buatan protein. Pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas DNA dan RNA secara menyeluruh. Kita cuma bakal membahas perbedaan dari kedua organel sel ini.

Perbedaan DNA dan RNA

Dirunut dari sisi bahasa, DNA merupakan akronim dari kata Deoxyribo Nucleic Acid atau Asam Deoksiribosa Nukleat, sedangkan RNA dikenal sebagai akronim dari kata Ribonucleic Acid atau Asam Ribosa Nukleat. Adapun kalau dirunut dari pengertiannya, DNA dikenal sebagai gugus asam amino rantai ganda yang berfungsi dalam mengendalikan aktifitas genetis dan sintesis protein dengan adanya kandungan 3 basa nitrogen (purin, pirimidin, dan gugus fosfat). Sedangkan RNA merupakan gugus asam amino rantai tunggal yang memiliki kandungan 2 basa nitrogen (yaitu purin dan pirimidin) cuma berfungsi untuk melakukan buatan protein.

Perbedaan DNA dan RNADari pengertian di atas, tentunya kita sudah dapat mengidentifikasi apa saja yang menjadi perbedaan antara DNA dan RNA. Perbedaan keduanya antara lain terletak pada fungsi, letak, bentuk, ukuran, komponen gula dan basa nitrogen yang dikandungnya, serta pada fluktuasi kadarnya.

Secara lebih lengkap, berikut ini kami telah cantumkan tabel perbedaan DNA dan RNA untuk bisa Anda identifikasi.
PerbedaanDNARNA
FungsiMengendalikan faktor keturunan dan sintesis proteinMengendalikan sintesis protein
LetakTerdapat pada inti selTerdapat pada inti sel, sitoplasma, atau ribosom
Komponen GulaDeoksiribosaRibosa
UkuranPanjangPendek
Jenis Basa NitrogenPurin (adenin dan guanin) gugus fosfat. dan Pirimidin (sitosin dan timin)Purin (adenin dan guanin) dan Pirimidin (sitosin dan urasil)
KadarTidak berubahBerubah

1. Perbedaan Fungsi

Perbedaan RNA dan DNA yang pertama terletak pada fungsi keduanya. Fungsi DNA lebih kompleks, yaitu sebagai pengendali aktifitas genetis (faktor keturunan) dan kegiatan sintesis protein. Sementara itu, RNA cuma sekedar berfungsi sebagi pengendali buatan protein saja.

2. Perbedaan Letak

Letak DNA dan RNA juga berbeda. DNA umumnya dapat kita temukan hanya pada inti sel, sementara RNA bisa ditemukan pada beberapa organel sel antara lain inti sel, sitoplasma, atau ribosom.

3. Perbedaan Bentuk dan Ukuran

DNA dikenal sebagai gugus asam amino rantai ganda, sedangkan RNA adalah gugus asam amino rantai pendek. Oleh karena itu, secara ukuran, bentuk DNA umumnya lebih panjang dengan bentuk membulat, sementara ukuran RNA lebih tidak panjang bentuk bentuk yang lebih tipis. Lihat gambar di atas untuk mengetahui perbedaan ukuran tersebut.

4. Perbedaan Komponen Gula

Gugus gula yang menyusun DNA adalah gugus Deoksirobosa, sedangkan gugus gula yang menyusun RNA adalah Ribosa. Deoksiribosa adalah gabungan 2 gusus gula ribosa.

5. Perbedaan Jenis Basa Nitrogen

Perbedaan DNA dan RNA juga terletak pada jenis basa nitrogen yang dikandungnya. DNA mengandung 3 basa nitrogen yang antara lain Purin (adenin dan guanin), Pirimidin (sitosin dan timin), dan gugus fosfat, sementara RNA cuma mengandung 2 basa nitrogen yaitu Purin (adenin dan guanin) dan Pirimidin (sitosin dan urasil).

6. Perbedaan Kadar

Kadar RNA bisa berubah karena adanya aktifitas sintesis protein, sedangkan kadar DNA bersifat statis karena tak dipengaruhi aktivitas sintesis protein maupun aktifitas genetis.

Nah, itulah 6 perbedaan DNA dan RNA secara singkat yang dapat kami jelaskan. Semoga karena dilengkapi dengan tabel, Anda bisa semakin tidak susah mengidentifkasi perbedaan kedua organel sel yang berperan penting dalam aktivitas pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Semoga bermanfaat.

Perbedaan DNA dan RNA dalam Bentuk Tabel dan Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar