Rabu, 25 Oktober 2017

Perbedaan Uang Asli dan Uang Palsu Lengkap dengan Gambar

Keberadaan uang palsu yang akhir-akhir ini semakin marak, telah menyebabkan kekhawatiran yang semakin luas di masyarakat kita. Terkait dengan fenomena ini, kita harus semakin waspada, biar jangan sampai kita tertipu atau menerima dana palsu dari setiap transaksi jual beli yang kita kerjakan.

Salah satu bentuk kewaspadaan yang bisa kita lakukan misalnya dengan mengetahui seperti apa ciri fisik dana palsu dan uang asli sehingga kita bisa membedakannya. Nah, bagi Kamu yang mungkin masih belum mengetahui apa saja perbedaan dana asli dan uang palsu, simaklah pembahasan kami mengenai ciri - ciri dan karakteristik uang asli dan palsu berikut ini!

Perbedaan Uang Asli dan Uang Palsu

Uang asli dan uang palsu sebenarnya mampu dibedakan dengan mudah. Dengan dilihat, diraba, dan diterawang pada warna, benang pengaman, hologram, serta tanda air dan teksturnya kita bisa mengetahui keaslian dari uang yang kita miliki.

1. Perbedaan Warna

Perbedaan dana asli dan uang palsu yang pertama terletak pada warnanya. Warna uang asli umumnya lebih cerah dan tidak bakal luntur kalau dibasahi air. Sedangkan dana palsu mempunyai warna yang pucat kusam dan luntur kalau terkena air. Perbedaan warna antara dana asli dan dana palsu timbul karena kedua jenis uang ini dicetak dengan tinta yang berbeda. Uang asli dicetak menggunakan tinta khusus yang dirahasiakan jenisnya.
PerbedaanUang AsliUang Palsu
WarnaCerah dan tak lunturPucat dan Luntur
Benang PengamanAdaTidak ada
Hologram AdaTidak ada
Tanda AirAdaTidak ada
TeksturKasar karena kertasKasar karena tinta

2. Perbedaan Benang Pengaman

Pada uang asli, kita akan menemukan adanya benang pengaman yang tersulam timbul pada kedua sisinya. Benang pengaman ini bisa dicungkil menggunakan kuku. Sedangkan pada dana palsu, benang pengaman tidak timbul dan cuma tercetak saja. Benang pengaman pada dana palsu tidak dapat dicukil karena cuma sebuah gambar.

Perbedaan Uang Asli dan Uang Palsu

3. Perbedaan Hologram

Perbedaan dana asli dan uang palsu juga terdapat pada hologram yang ada di kedua sisinya. Uang asli mempunyai hologram yang kalau dilihat dari sisi yang berbeda bakal memiliki warna yang berubah ubah. Sementara uang palsu tidak mempunyai hologram. Untuk mengetahui apa sih hologram, lihatlah gambar di atas!

4. Perbedaan Tekstur

Dengan meraba tekstur kertas yang digunakan, kita juga mampu mengetahui keaslian dari dana yang kita miliki. Uang kertas asli umumnya bakal terasa kasar karena kertas yang digunakan untuk mencetaknya adalah kertas khusus yang tidak dijual bebas. Sementara uang palsu akan terasa halus atau terasa sedikit kasar karena tinta warna yang digunakannya.

5. Perbedaan Tanda Air

Perbedaan uang asli dan uang palsu juga mampu diketahui dengan menerawang tanda air pada kedua sisi lembarannya. Uang asli mempunyai tanda air yang akan terlihat kalau diterawang ke arah sinar, sementara uang palsu tidak memiliki tanda air.

Tanda air pada uang asli juga mampu dengan jelas dilihat jika kita menggunakan alat eksklusif yang disebut dengan money detector. Alat ini mengeluarkan sinar ultraviolet yang akan membirukan tanda air pada lembaran dana kertas asli sebagaimana terlihat pada gambar berikut.

Perbedaan Uang Asli dan Uang Palsu

Nah, demikianlah sejumlah perbedaan uang asli dan dana palsu yang bisa kami sampaikan. Semoga setelah mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut, kita bisa semakin lebih teliti dalam menghindari kerugian akibat melakukan transaksi keuangan dengan orang asing. Moga-moga bermanfaat!

Perbedaan Uang Asli dan Uang Palsu Lengkap dengan Gambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar