Sabtu, 04 November 2017

Perbedaan Drama dan Teater Secara Umum

Untuk Kamu yang sedang heran mencari apa saja perbedaan drama dan teater, Kamu bisa menemukannya pada uraian berikut ini. Drama dan teater adalah salah satu bentuk kesenian yang sama-sama sering Kamu dengar. Ada sejumlah pengertian drama yang terdapat saat ini, namun secara garis gede mempunyai makna yang nyaris sama. Menurut pendapat yang pertama drama adalah segala sesuatu yang terlihat di atas pentas dan menimbulkan perhatian, ketegangan serta kehebatan. Pentas ini disaksikan dan didengar oleh para penikmat atau pendengar.

perbedaan drama dengan teater,teater tradisional dan modern,pengertian teater dan drama,drama dan teater unimas,

Pendapat lain mengemukakan bahwa drama adalah kesenian yang melukiskan paparan atau sifat manusia yang dikemukakan menggunakan gerak. Pengertian lain dari drama yakni kisah yang konflik berbentuk dialog dan diproyeksikan diatas pentas menggunakan aksi serta percakapan di depan para penonton. Sedangkan pendapat mengenai pengertian teater sendiri juga tidak cuma satu, nyaris sama dengan drama. Pendapat yang pertama, teater adalah gedung pertunjukan atau panggung atau auditorium. Pendapat lainnya yakni cerita hidup serta kehidupan manusia, cerita itu diperlihatkan di hadapan tidak sedikit orang.

Contoh dari teater diantaranya yakni Reog, Wayang orang, Sulap, Ludruk, Lenong dan lain sebagainya. Pendapat lain mengenai teater yakni cerita hidup yang dikisahkan diatas pentas dan disaksikan oleh tidak sedikit orang. Kisah ini dipertunjukkan menggunakan media, percakapan, gerak dan laku serta bahkan dekor. Kisah ini dipertunjukkan berdasarkan naskah yang tertulis dan dengan atau bahkan tanpa menggunakan iringan musik. Cukup tidak sedikit bukan makna dari drama atau bahkan teater tersebut? Setelah membaca mengenai pengertiannya, kemudian apa perbedaan drama dan teater tersebut? 

Langsung saja, ini dia perbedaan dari drama dan teater yang bisa Kamu ketahui. Drama dan teater secara umum mempunyai arti yang sama namun dikemukakan menggunakan langkah-langkah yang berbeda. Teater sendiri merupakan kata yang asalnya dari Yunani Kuno yakni theatron, artinya merupakan gedung atau tempat pertunjukan. Sedangkan drama berasal dari kata Yunani yakni dran yang artinya merupakan berbuat, beraksi dan berlaku. Drama mempunyai kecenderungan ke seni sastra yang di dalamnya terdapat puisi, esai atau bahkan prosa. Drama juga mampu diartikan sebagai fenomena atau bahkan peristiwa yang tokohnya merupakan manusia. 

Kehidupan manusia yang diangkat ke atas pentas bisa menjadi suatu pertunjukan teater. Dari ulasan tersebut, bisa ditarik konklusi bahwa teater bisa tercipta karena adanya drama. Tanpa adanya drama, teater cuma diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Jadi istilah drama dan teater betul-betul mengacu pada pengertian yang paling berbeda. Drama dan teater tentunya tidak bisa disamakan atau dijadikan sinonim untuk menggantikan satu dengan lainnya. Sekian dan semoga ulasan mengenai perbedaan drama dan teater ini dapat berguna untuk Kamu semua.

Perbedaan Drama dan Teater Secara Umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar