Kamis, 02 November 2017

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Tertutup Lengkap

Perbedaan ideologi terbuka dan tertutup - Akhir-akhir ini kerap sekali terdengar perdebatan mengenai ideologi, ada yang berpaham ideologi terbuka dan terdapat juga yang berpahamkan ideologi tertutup. Bila kedua ideologi ini bertemu, tidak jarang mereka saling berdebat dan alhasil menjadi satu konflik yang berkepanjangan. Tapi, tahukah anda perbedaan dari ideologi terbuka dan tertutup sehingga kerap menjadi materi perdebatan tidak pendek antara kedua belah pihak dengan memakai sejumlah alasan rasional menurut mereka masing-masing. Artikel kali ini, kami bakal membahas mengenai sejumlah perbedaan dari kedua ideologi tersebut. Sehingga anda lebih memahami persoalan yang terjadi bila dihadapkan pada debat kedua ideologi tersebut. 
perbedaan ideologi terbuka dengan ideologi tertutup,pengertian,beserta ciri-cirinya,pengertian contohnya,dikemukakan oleh,ppt,pancasila sebagai ideologi terbuka,

Berikut sejumlah perbedaan antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup yang terlihat dari sejumlah poin tertentu. Pertama sekali kita bakal membahas mengenai ideologi terbuka, salah satunya adalah:

1. Menurut pengertiannya satu ideologi terbuka adalah ideologi yang tak absolut dan bisa berkembang secara terus menerus. 

2. Ideologi terbuka adalah satu kekayaan rohani maupun kekayaan moral serta budaya dari satu masyarakat. Ideologi terbuka ini adalah satu kesepakatan bareng antara masyarakat.

3. Ideologi terbuka ini ditemukan dan diciptakan oleh warga alih-alih negara. Dan ideologi ini merupakan milik warga dan ada dalam setiap inci kehidupan masyarakat.

4. Isinya yang mempunyai sifat tak operasional memungkinkan generasi selanjutnya untuk bisa menggali falsafah warga dan mengimplementasikan pada situasi dan kondisi sesuai dengan generasi tersebut.
5. Selalu menginspirasi warga untuk bertanggung jawab alih-alih membatasi bakal ruang gerak atau kebebasan dari tanggung jawab masyarakat.

6. Ideologi terbuka ini menghargai perbedaan atau pluralitas sehingga bisa diterima oleh warga mana saja dari budaya mana saja dan agama apapun. 

Sedangkan ideologi tertutup adalah kebalikan dari ideologi terbuka. Berikut bakal kami bahas mengenai ideologi tertutup, yaitu:

1. Dari pengertiannya ideologi tertutup adalah satu ideologi yang sifatnya merupakan mutlak. 

2. Ditemukan oleh sekelompok tertentu yang mempunyai satu cita-cita untuk merubah tatanan kehidupan warga sesuai dengan ideologi mereka.

3. Lebih bersifat memaksakan ideologi mereka masuk dalam tatanan kehidupan masyarakat, terlebih bila kelompok itu menguasai satu negara atau daerah.

4. Mencakup sejumlah bidang kehidupan yang dirasa bisa mengubah perilaku warga seperti bidang informasi dan pendidikan.

5. Tidak menggunakan istilah pluralism atau perbedaan serta hak asasi warga serasa terbatasi.
6. Ideologi tertutup lebih mencondong bakal memaksakan warga untuk tunduk dan patuh serta setia terhadap ideologi itu dan total dalam mempertahankannya. 

7. Ideologi ini tidak cuma mempunyai satu cita-cita namun lebih dari itu mempunyai satu tuntutan yang konkret bakal bersifat keras, total serta mutlak. 

Demikianlah sejumlah perbedaan ideologi terbuka dan tertutup yang dapat kita pahami. Ada baiknya kita untuk selalu berpikiran terbuka namun tetap pada aturan dan norma yang menjadi cirri dan jati diri kita.

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Tertutup Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar