Rabu, 01 November 2017

Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel Dalam Ilmu Kelistrikan

Kita tentunya sering mendengar mengenai rangkaian listrik paralel serta seri. Tahukah Kamu perbedaan rangkaian seri dan paralel dalam kelistrikan tersebut. Dalam ilmu kelistrikan, ada dua cara untuk menyalurkan rangkaian listrik terutama dalam satu ruangan, kediaman dan lainnya. Rangkaian itu diberikan nama sebagai rangkaian seri dan paralel. Antara keduanya tentunya mempunyai perbedaan dan keuntungan atau kerugian masing-masing. Apakah perbedaan itu serta keuntungan dan kerugian menggunakan salah satu dari rangkaian listrik itu berikut ini adalah ulasannya.
perbedaan rangkaian seri dan paralel, pada resistor,baterai,rumus,seri dan paralel kapasitor,pdf,contoh soal rangkaian seri dan paralel,laporan,

Pertama merupakan rangkaian seri dalam satu rangkaian listrik. Rangkaian seri adalah satu rangkaian listrik yang dalam penyusunannya berjajar antar komponen. Dengan demikian, bisa di dapatkan rangkaian listrik yang teratur dan berurutan. Pada rangkaian listrik ini mempunyai keunggulan berupa kepraktisan dalam memasangnya. Selain itu, dalam rangkaian seri juga mempunyai daya hantar yang lebih stabil supaya arus listrik terbagi dengan merata. Perlengkapan dalam menggunakan rangkaian ini juga lebih sederhana. Akan tetapi, pada satu rangkaian listrik seri ini mempunyai kekurangan pada keharusan aliran listrik yang wajib stabil serta tinggi. Selain itu, kalau satu komponen bermasalah maka komponen lainnya juga ikut terpengaruh.

Berikutnya merupakan rangkaian paralel. Rangkaian paralel merupakan satu rangkaian listrik yang dibuat dengan lebih mempunyai cabang. Dengan menggunakan rangkaian listrik ini input dari setiap komponen yang dipakai bakal diambil dari asal yang sama. Sebab lebih rumit maka membuat pemakaian rangkaian paralel terlihat lebih mahal dibandingkan rangkaian seri. Akan tetapi kalau dalam rangkaian ini salah satu dari alat mengalami kendala maka cuma itu saja dan tak berpengaruh pada alat lainnya. 

Untuk perbedaan rangkaian seri dan paralel itu sendiri di mulai dari perbedaan susunan kedua pemasangan tentunya saja. Selain itu, dalam satu rangkaian seri juga mempunyai perbandingan gede tegangan yang terpengaruh oleh kendala sehingga tegangan yang dihasilkan berbeda. Berbeda dengan rangkaian paralel gede tegangan ini relatif sama untuk setiap komponennya. Hanya saja arus yang dihasilkan bakal berbeda karena kendala yang dipakai juga berbeda. Selain itu juga keseluruhan kendala pada rangkaian seri bisa dihitung dengan menjumlahkan jumlah kendala yang ada. Sedangkan untuk rangkaian paralel bisa dihitung dengan rumus 1/RT = (1/R1) + (1/R2) + … + (1/Rn)

Perbedaan rangkaian seri dan paralel lainnya terdapat pada total kendala yang terdapat pada rangkaian seri ini tentu lebih gede dari satu rangkaian paralel. Hal ini tentunya saja bisa dilihat dari langkah-langkah menghitung kendala dari setiap rangkaian yang digunakan. Selain itu, konsumsi daya untuk jenis rangkaian seri juga akan menjadi lebih tidak rendah dari rangkaian paralel karena jumlah daya yang wajib selalu stabil. Perbedaan antara keduanya tentu sangat signifikan. Terlebih dari setiap pemakaian rangkaian listrik ini juga mempunyai kelemahan dan keunggulan tersendiri. Dengan demikian, Kamu dapat memilih rangkaian listrik yang bakal digunakan di kediaman Kamu sesuai dengan kemampuan Anda.

Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel Dalam Ilmu Kelistrikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar