Kamis, 02 November 2017

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan Dalam Berpikir

Perbedaan ilmu dan pengetahuan - Terkadang kita kerap membaca atau mendengar mengenai ilmu pengetahuan. Tetapi tahukah kita, bahwa antara ilmu dan pengetahuan itu mempunyai perbedaan. Ya, ilmu dan pengetahuan mempunyai perbedaan baik dari segi makna atau dari makna kata. Perbedaan dari ilmu dan pengetahuan itu tak mempengaruhi makna dan fungsi dari keduanya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan terhadap manusia. Dengan mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup, kita sebagai manusia lebih bisa mengembangkan diri untuk maju dan berkreasi sehingga menjadi manusia yang lebih bijak meskipun hidup di tengah masa yang semakin modern seperti sekarang. 
perbedaan ilmu dan pengetahuan menurut para ahli,serta contohnya,antara,pengetahuan dengan ilmu,

Antara ilmu dan pengetahuan sama-sama mempunyai persamaan mempelajari sesuatu. Namun, ada perbedaan yang mendasar antara ilmu dan pengetahuan sehingga akan menjadi lebih gampang bagi kita untuk mempelajari sesuatu dengan bekal yang didapat dari perbedaan keduanya. Baiklah, berikut sejumlah perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan yang dapat kita petik, salah satunya adalah:

1. Perbedaan dari asal kata
Berdasarkan asal kata antara ilmu dan pengetahuan sama-sama berasal dari bahasa Inggris namun mempunyai kata dan makna yang berbeda. Ilmu berasal dari kata science sedangkan pengetahuan berasal dari kata knowledge. 

2. Dari asal kata itu bisa diartikan bahwa ilmu mempunyai sistem yang sudah terukur dari satu pengetahuan yang sudah terklasifikasi. Oleh karena itu, satu ilmu bisa dipertanggung jawabkan bakal kebenarannya. Sedangkan pengetahuan adalah satu pengetahuan yang belum tersusun secara sistematis seperti layaknya ilmu, baik pengetahuan mengenai fisik atau bahkan metafisika. 

3. Pengetahuan mempunyai informasi yang mempunyai sifat dan berdasarkan bakal akal bugar atau commonsense, sedangkan satu ilmu tahapannya lebih tidak rendah dari satu akal sehat. Sebab ilmu sudah mempunyai cara serta mekanisme untuk membuktikan informasi yang berdasarkan akal bugar tersebut. 

4. Bila bisa menganalogikan antara ilmu dan pengetahuan, maka ilmu bisa dianalogikan dengan satu sapu lidi yang sudah terikat dan tersusun rapi dengan potongan yang seragam. Akan tetapi, pengetahuan kalau dianalogikan masih berupa sapu lidi yang belum jadi. Masih berupa lidi yang belum diolah, belum disusun dan dirapikan serta masih berserakan, sehingga diperlukan satu cara untuk merangkumnya menjadi satu kesatuan sapu lidi yang apik. 

5. Perbedaan selanjutnya merupakan untuk ilmu karena sudah mempunyai cara dalam membuktikan kebenarannya maka ilmu bersifat lebih objektif, berbanding terbalik dengan pengetahuan yang mempunyai sifat subjektif karena masih berdasarkan dari akal bugar manusia. 

Walaupun keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, bakal tapi keberadaan keduanya tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Sehingga ilmu dan pengetahuan bakal menjadi satu kesatuan demi satu kemajuan berpikir manusia. Demikianlah sejumlah perbedaan ilmu dan pengetahuan yang perlu Kamu ketahui. Moga-moga artikel sekarang ini bisa memberikan kegunaan bagi kita semua.

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan Dalam Berpikir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar