Kamis, 02 November 2017

Perbedaan Lompat dan Loncat Dalam Olahraga

Perbedaan lompat dan loncat – Bila Kamu sering melihat atau menekuni salah satu dari kegiatan umum yang seringkali dilakukan oleh manusia, Kamu tentu mengetahui mengenai kata lompat dan kata loncat. Lompat dan loncat merupakan dua kata yang biasa dianggap sama. Antara melompat dan meloncat, kedua kata kerja itu nampak sama, bahkan betul-betul dianggap sama oleh sejumlah orang yang belum mengetahui perbedaannya. Kata kerja yang mempunyai kata dasar lompat dan loncat itu sebenarnya mempunyai makna yang paling berbeda, walaupun sama-sama menerangkan seseorang yang menantang gaya gravitasi. Lalu, apa perbedaan di antara kata lompat dan loncat?
perbedaan lomba dan perlombaan,jalan dan lari,lompat tidak dekat dan lompat jangkit,tolak dan lempar,pengertian,teknik dasar lompat tinggi,awalan lompat jauh,

Lompat dan Loncat sebenarnya biasa dianggap sinonim, padahal kedua istilah itu berbeda tergantung letak penggunaannya. Fungsi dari kedua gerakan merupakan sama, yakni mendorong tubuh ke atas dengan waktu yang cepat. Namun, gerakan yang biasa dilakukan sehari - hari ini sebenarnya memang cuma beda tipis, yakni cuma pada tumpuannya. Tumpuan yang dimaksud merupakan kaki yang dipakai sebagai tolakan gaya.

Bagi Kamu yang mau belajar tentang olahraga, tentunya Kamu perlu mengetahui perbedaan antara melompat dan meloncat. Seperti misalnya loncat jauh, atau lompat tinggi. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, lompat merupakan bergerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah, kemudian ke atas) dan dengan tidak lambat menurunkannya lagi. Sedangkan loncat menurut KBBI merupakan lompat dengan kedua atau keempat kaki bersama-sama (seperti katak dan kelinci).

Dari pengertian KBBI di atas, bisa kita simpulkan bahwa perbedaan lompat dan loncat bertitik pada tumpuan ketika awal tolakan kaki. Bila lompat menggunakan satu kaki, maka loncat menggunakan kesemua kaki yang dimiliki. Sebagai contoh konkretnya untuk lompat merupakan olahraga lompat tidak rendah dan lompat jauh, dsb. Sedangkan olahraga dengan loncat merupakan loncat harimau, loncat galah, loncat indah, dsb. Melompat berarti melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan salah satu dari kaki sebagai tumpuan, dan efeknya merupakan gerakan ke depan seperti melangkah cepat. Sedangkan meloncat merupakan melakukan titik tolakan dari kaki dengan menghentakkan seluruh kaki sebagai tumpuan, dan efeknya merupakan gerakan ke atas. Hal ini menyebabkan gerakan melompat bakal membutuhkan tenaga yang lebih tidak banyak karena gerakannya ke depan dan cuma menggunakan satu kaki, sedangkan untuk loncat membutuhkan tenaga yang lebih gede karena melawan gaya gravitasi bumi.

Demikianlah perbedaan lompat dan loncat. Setelah mengetahui ini, diharapkan Kamu bisa membedakan istilah lompat dan loncat dengan tepat. Jangan sampai Kamu salah dalam memahami makna kata lompat dan loncat, apalagi kalau Kamu mempelajari ilmu keolahragaan. Kesalahan tentang istilah lompat dan loncat tentunya krusial untuk Kamu pahami, sehingga Kamu ngerti benar teknik lompat dan loncat.

Perbedaan Lompat dan Loncat Dalam Olahraga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar