Rabu, 01 November 2017

Perbedaan RAM dan ROM Dalam Sistem Komputer

Sekarang ini semakin tidak sedikit pengguna komputer namun mereka belum mengetahui apa perbedaan RAM dan ROM. Dalam satu komputer diperlukan satu RAM serta ROM untuk melakukan aneka operasi komputer yang dijalankan. Selain adanya hardisk serta tentunya prosessor satu komputer juga wajib dilengkapi dengan RAM serta ROM. Tanpa adanya salah satu benda ini dapat berimbas pada komputer yang tidak dapat dijalankan bahkan tidak dapat dinyalakan. Oleh sebab itu, dalam satu komputer kedua perihal ini wajib hukumnya untuk juga diselipkan.
kelebihan dan kekurangan harddisk,perbedaan primary storage dan secondary storage,ram dan rom android,hardisk,ddr2 dan ddr3,

Fungsi RAM dan ROM dalam komputer sendiri ialah sebagai media penyimpan data sementara pada satu proses komputer. Jadi, dalam setiap aplikasi yang dijalankan pada satu komputer ini tentu memerlukan transfer data supaya aplikasi bisa berjalan. Nah, RAM dan ROM inilah yang mempunyai peran untuk menyimpan data dalam satu aplikasi yang sedang berjalan. Dengan semakin besarnya jumlah RAM yang dipakai pada satu komputer maka tentunya akan semakin baik juga performa dari komputer tersebut. Untuk perbedaan RAM dan ROM sendiri Kamu bisa simak ulasan berikut.

Pertama merupakan RAM, RAM adalah satu media penyimpan data sementara dalam komputer yang cuma bisa bekerja kalau komputer teraliri listrik atau menyala. Data yang terdapat dalam RAM juga cuma bersifat sementara. Dengan demikian kalau aplikasi dihentikan atau komputer dimatikan maka satu data yang terdapat pada RAM bakal terhapus dan tidak dapat mencuat kembali saat komputer menyala. Rata-rata RAM pada komputer juga dibuat dengan jenis Intergrated Sircuit atau IC dan umumnya dipasang secara terpisah dari mainboardnya. 

Sedangkan untuk jenis ROM itu adalah satu media penyimpan data yang mempunyai sifat permanen. Bahkan ROM bisa bekerja meskipun dalam kondisi komputer yang mati. Salah satu jenis ROM merupakan ROM bios. ROM bios ini berguna sebagai media untuk menyimpan data berupa profil pengguna komputer serta waktu atau tanggal. ROM juga biasanya cuma berisikan aplikasi sistem bawaan dari pabrikan komputer. Pada masa saat ini ROM juga tidak sedikit yang memakai jenis Integrated Sircuit dengan demikian ROM bakal langsung terpasang pada mainboard dan tidak dapat dilepaskan kembali. 

RAM serta ROM merupakan dua buah hardware yang nyaris sama penggunaannya dalam satu operasi komputer. Akan tetapi sebenarnya antara kedua perihal ini mempunyai perbedaan yang paling signifikan. Fungsi dari RAM pada intinya merupakan media transfer dan penyimpan data sementara ketika pengguna komputer menjalankan suatu aplikasi. Sedangkan untuk ROM sendiri merupakan media untuk menyimpan data paling mendasar dalam satu aplikasi komputer. Dengan demikian, ROM ini bakal langsung bekerja begitu komputer dinyalakan dan menayangkan pengaturan bios dari komputer tersebut. Perbedaan RAM dan ROM pastinya sangat jelas berbeda bakal tapi kedua perihal ini merupakan hal terpenting dalam satu komputer. Tanpa adanya dual perihal ini maka komputer tak bakal bisa bekerja.

Perbedaan RAM dan ROM Dalam Sistem Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar