Selasa, 31 Oktober 2017

Perbedaan Biografi dan Autobiografi Dari Pengertiannya

Apa perbedaan biografi dan autobiografi? Sering kali tidak sedikit orang yang membingungkan antara biografi dan autobiografi. Kedua perihal ini memang saling berkaitan dan berdasarkan pengejaan memang nyaris sama, namun apakah perbedaan dari biografi dan autobiografi tersebut? Biografi adalah riwayat atau cerita kehidupan seseorang atau tokoh yang sudah ditulis orang lain. Biografi sendiri ditulis berdasarkan berbagai jenis tujuan, tergolong sebagai prosa naratif ekspositoris maupun prosa faktual dengan mengemukakan fakta-fakta yang nyata. Adapun tujuan dari biografi itu sendiri merupakan memberikan ulasan kepada pembaca mengenai layar belakang dari kehidupan tokoh mulai sejak tidak besar sampai mencapai kariernya.

pengertian biografi dan otobiografi,perbedaan biografi dan auto biografi,dengan autobiografi,dalam bahasa sunda,contoh biografi dan autobiografi,

Lalu, apa yang dimaksud dengan autobiografi? Autobiografi adalah biografi yang sudah ditulis seorang tokoh mengenai perjalanan kehidupannya secara personal yang pernah dialami. Biasanya autobiografi ini sendiri ditulis sejak masa tidak besar sampai masa yang ditentukan penulis itu sendiri. Penulis autobiografi sendiri biasanya mengandalkan dari berbagai jenis dokumen yang disesuaikan dengan memori dari sang penulis tersebut. Bahkan di negara-negara yang maju, riwayat hidup dalam bentuk buku ini adalah satu karya sastra menarik yang dapat dikaji kembali. Berdasarkan Sallie Mcfaqua, autobiografi beserta tulisannya wajib dinikmati dan diperhatikan sebab di dalamnya ada satu cerita konkret sesuai kehidupan penulisnya. 

Melalui KBBI atau kamus gede bahasa Indonesia online, biografi adalah riwayat hidup seseorang yang dituangkan ke dalam satu kertas atau buku yang ditulis oleh orang lain. Sementara autobiografi adalah riwayat personal sendiri yang ditulis oleh pemilik biografi tersebut. Sementara berdasarkan Wikipedia, biografi yakni cerita mengenai kehidupan seseorang. Di mana, biografi ini termasuk lebih kompleks daripada data-data dari tugas seseorang, atau tanggal lahir dan matinya seseorang, biografi juga menceritakan perasaan yang ikuti ikut andil ketika mengalami fenomena yang sudah di alami tokoh tersebut. Sementara autobiografi, menurut Wikipedia adalah biografi yang dituangkan langsung oleh subjeknya atau tokoh yang dimaksud. 

Secara garis besar, bisa disimpulkan perbedaan biografi dan autobiografi berikut ini:

1. Data-data atau informasi yang ada pada satu biografi ini dituangkan oleh orang lain yang mengandalkan dokumen penting, memanfaatkan narasumber atau studi literatur yang mengemukakan fakta-fakta atau peristiwa yang terjadi di subjeknya. Sementara informasi dari biografi seorang tokoh ini bakal memberikan motivasi, sejarah krusial dan hikmah bagi para pembacanya. Subjek pada penulisan biografi ini lebih mengarah pada tokoh-tokoh terkenal dengan jasa-jasa dan pemikirannya. 

2. Sementara autobiografi sendiri ditulis atau dituangkan oleh diri sendiri beserta pengarang lainnya sesuai dengan pengalaman yang di alami oleh tokoh itu dalam kehidupannya. Isinya berupa informasi mengenai tahapan kehidupannya, mulai dari masa-masa susah sampai puncak keberhasilannya.
Nah, itulah ulasan tentang perbedaan biografi dan autobiografi yang wajib kita ketahui!

Perbedaan Biografi dan Autobiografi Dari Pengertiannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar