Selasa, 31 Oktober 2017

Perbedaan Linux dan Windows Sistem Operasi

Perbedaan Linux dan Windows – Ada beberapa jenis jenis Operating System yang cukup populer di Indonesia. Beberapa contohnya merupakan OS Linux dan Windows. Kedua operating system (OS) ini tidak sedikit di pakai untuk menjalankan laptop atau PC Anda. Mungkin Kamu juga tergolong pengguna salah satu dari pengguna Linux atau Windows. Namun, tahukah Kamu tentang perbedaan antara Linux dan Windows? Berikut merupakan sejumlah perbedaan dari Linux dan Windows:

perbedaan sistem operasi windows dan linux,linux dan unix,dengan windows,

1. HAKI & Kelengkapan Program
HAKI atau Hak Atas Kekayaan Intelektual berkaitan dengan pembelian produk operating system (OS) yang mau Kamu gunakan. Bila Kamu ingin mempunyai OS Windows yang asli dan terdaftar secara resmi, dana yang wajib Kamu keluarkan sekitar $200 USD. Sementara untuk Linux, Kamu bisa memilikinya secara gratis tanpa dana sepeserpun. Untuk kelengkapan aplikasi sendiri, Windows biasanya cuma menyajikan default program, contohnya seperti Windows media player, dunia maya explorer, notepad, dsb. Software-software itu tak selengkap yang diberikan Linux. Selain Kamu menginstall operating system (OS) Linux, Kamu juga mendapatkan berbagai jenis software lengkap, dari pengolah text, multimedia, browser, utiliy, bahkan game. Sehingga Linux menyajikan paket lengkap yang gratis.

2. Spyware dan Virus
Spyware merupakan kejahatan yang “memata-matai” komputer Kamu menggunakan suatu aplikasi yang umumnya tak Kamu ketahui. Nah, Windows sangat rentan terhadap spyware sehingga Kamu wajib mengoptimalkan anti spyware dengan software tambahan kalau Kamu menggunakan Windows. Windows juga rentan terhadap virus. Banyak sekali virus yang gampang merusak aplikasi Windows. Sedangkan untuk Linux mempunyai sistem pengamanan yang cukup kuat dan rumit. Itulah mengapa Linux lebih terkenal aman kalau komputer Kamu menyimpan berbagai hal penting. 

3. Sistem File
Windows sebagai sistem operasi terpopuler menggunakan FAT dan NTFS. Windows juga tidak memakai case insensitive atau pemakaian nama file dengan aksara gede atau kecil. Windows mempunyai istilah file, device juga partisi. Root pada Windows merupakan My Computer dimana disanalah ada Drive dan device. Windows tidak bisa masuk ke sistem operasi Linux. Sedangkan pada Linux menggunakan ext2, ext3, xfs, dsb. Linux bahkan bisa melakukan read and write ke FAT32, juga mampu melakukannya di NTFS. Linux membedakan antara aksara gede dan kecil, dan rootnya disimbolkan dengan ”/”. Linux bisa membaca sistem operasi Windows.

Demikianlah perbedaan Linux dan Windows yang sudah dibagikan kepada Anda. Meski tampaknya Linux lebih mengungguli Windows, namun kemudahan script yang dimiliki Windows memungkinkan tampilan Windows lebih menarik dan gampang dipakai. Sedangkan Linux biasa digunakan oleh kalangan yang menginginkan sistem komputer yang aman. Sebab script yang mudah, tidak sedikit sekali game PC yang lebih support ke Windows, sedangkan untuk yang support ke Linux cuma tidak banyak developer game yang menyediakan.

Perbedaan Linux dan Windows Sistem Operasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar