Minggu, 29 Oktober 2017

Perbedaan Laptop dan Notebook yang Tak Banyak Orang Tahu

Perkembangan teknologi komputerisasi yang sangat tidak lambat akhir-akhir ini, secara tak sadar sudah melahirkan aneka produk baru yang begitu canggih. Bila di awal tahun 2000-an kita cuma mengenal komputer meja (PC Desktop), hari ini kita telah melihat berbagai sistem komputerisasi dalam bentuk yang lebih minimalis, misalnya saja laptop dan notebook.

Laptop dan notebook merupakan barang yang sama-sama menerapkan sistem komputer. Berbeda dengan PC desktop, kedua barang ini juga adalah perangkat portabel yang dapat dibawa ke mana-mana. Akan tetapi, secara fisik dan spesifikasi keduanya ternyata mempunyai beberapa perbedaan mencolok. Bagi yang sudah akrab dengan perkembangan teknologi, perbedaan laptop dan notebook tentu telah sangat jelas. Namun, bagi mereka yang awam mungkin akan tidak mudah mendefinisikan perbedaan keduanya.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Nah, bagi Kamu yang kebetulan dikenal sebagai orang yang awam teknologi, mungkin uraian di bawah ini akan membantu Kamu dalam memahami apa saja perbedaan antara laptop dan notebook tersebut.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Laptop dan notebook mempunyai beberapa perbedaan, baik dari ukuran, kelengkapan, maupun dari sisi spesifikasi perangkat di dalamnya. Perbedaan laptop dan notebook bisa diuraikan seperti pada tabel berikut ini.

1. Perbedaan Ukuran Layar

Perbedaan laptop dan notebook bisa langsung kita identifikasi dari ukurannya. Laptop mempunyai dimensi atau ukuran yang lebih besar, di mana biasanya mereka mempunyai diagonal layar lebih dari 18 inch. Sementara notebook umumnya mempunyai dimensi yang lebih kecil, kisaran panjang diagonal layarnya dikenal sebagai antara 13 – 18 inch.

Selain dari tidak sempit diagonal layar, berat (massa) notebook dan laptop juga. Laptop umumnya mempunyai berat antara 3-5 kg sementara notebook mempunyai berat yang lebih ringan, yaitu sekitar 1-2 kg.

2. Perbedaan Spesifikasi Grafis Layar

Ukuran diagonal layar yang berbeda membuat perbedaan antara laptop dan notebook juga muncul dari segi spesifikasi perangkat grafis yang mendukung visualisasi tampilan di layarnya. Perangkat itu familiar disebut dengan nama VGA. Laptop umumnya memiliki VGA dengan kapasitas yang lebih gede untuk mendukung performa tampilannya, sedangkan notebook umumnya mempunyai VGA yang lebih kecil. Kendati demikian, sejumlah produsen kini juga membuat notebook dengan VGA yang besar walaupun memang biasanya cendeng lebih cepat rusak.

3. Perbedaan Ukuran RAM

Bukan cuma dari VGA -nya, perbedaan laptop dan notebook juga terletak pada ukuran RAM-nya. RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat pengatur penyimpanan data sementara yang sangat menunjang kinerja sistem komputer. RAM laptop umumnya mempunyai kapasitas yang lebih gede dibandingkan dengan RAM Notebook. Kendati demikian, sama seperti VGA, perkembangan teknologi yang terus melesat kini sudah membuat sejumlah produsen menciptakan notebook dengan spesifikasi RAM yang lebih besar.

Perbedaan Laptop dan Notebook

4. Keberadaan DVD ROM

Nah, perbedaan laptop dan notebook juga terletak pada keberadaan DVD ROM atau perangkat yang digunakan untuk memutar kepingan kaset CD atau DVD. Laptop mempunyai perangkat ini sementara notebook tidak.

Tipisnya dimensi notebook pemasangan perangkat ini menjadi tak memungkinkan. Akan tetapi, saat ini masalah tersebut bisa diatasi dengan kehadiran DVD-ROM eksternal. Pengguna notebook tidak perlu khawatir lagi karena kaset bisa diputar di perangkat ini sementara datanya bisa ditransfer secara visual ke layar.

5. Perbedaan Daya Tahan Baterai

Baterai merupakan komponen penting yang mensuplai energi listrik untuk kerja laptop dan notebook. Setiap baterai mempunyai kapasitas penyimpanan energi listrik yang berbeda-beda. Akan tetapi, kemampuan penyimpanan energi dan daya tahan baterai sangat dipengaruhi oleh seberapa tidak kecil aliran daya yang dipakai oleh perangkatnya. Pada laptop, daya tahan baterai umumnya lebih tidak tinggi daripada dengan daya tahan baterai notebook.

Nah, itulah sejumlah perbedaan laptop dan notebook baik dari segi fisik ataupun dari segi spesifikasinya. Laptop cenderung dipilih oleh mereka yang punya mobilitas tinggi dan mempunyai kebutuhan spesifikasi komponen komputer yang juga tinggi. Sementara notebook mencondong dipilih oleh mereka yang butuh sistem komputer tapi dengan spesifikasi standar. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan. Semua pilihan tergantung Anda. Mau pilih laptop atau pilih notebook.

Perbedaan Laptop dan Notebook yang Tak Banyak Orang Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar