Minggu, 29 Oktober 2017

Perbedaan Mentega dan Margarin yang Ibu Harus Tahu

Memang tak mampu dibantah kalau di antara kita masih tidak sedikit yang gamang dan menganggap bahwa mentega dan margarin merupakan 2 materi pangan yang sama. Ya, anggapan ini tidak lain merupakan karena keduanya memiliki tekstur, warna, rasa, dan aroma yang hampir sama. Padahal kalau ditelisik dan diidentifikasi lebih dalam keduanya ternyata mempunyai beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan mentega dan margarin tersebut? Untuk tahu jawabannya, simaklah uraian berikut ini!

Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan antara mentega dan margarin terletak pada banyak hal. Baik margarin maupun mentega, keduanya dibuat dari bahan yang berbeda. Lantaran perbedaan bahan pembuatan inilah maka kandungan, tekstur, warna, langkah-langkah penyimpanan, rasa, aroma, dan spesifikasi pemakaian keduanya juga berbeda. Perbedaan-perbedaan itu dapat kita lihat pada tabel berikut.
PerbedaanMargarinMentega
Bahan PembuatanLemak NabatiLemak Hewani
KandunganLemak tidak jenuhLemak jenuh
TeksturPadatLembek
WarnaKuning pucatKuning cerah
AromaAsamAsin
RasaAroma sedapAroma susu
Cara PenyimpananDapat disimpan lamaTidak mampu disimpan lama
PenggunaanUntuk menumisUntuk membuat kue atau roti

1. Bahan Pembuatan

Perbedaan mentega dan margarin yang pertama terletak pada asal bahan pembuatannya. Margarin diproduksi dari lemak nabati (lemak yang berasal dari tumbuhan) seperti dari minyak kelapa sawit, minyak jagung dan lain sebagainya. Sementara mentega diproduksi dari lemak hewani (lemak yang berasal dari hewan) seperti lemak krim susu dan minyak ikan.

2. Perbedaan Kandungan

Karena dibuat dari asal materi yang berbeda, mentega dan margarin juga mempunyai kandungan yang berbeda. Margarin mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega 6 yang sangat baik untuk kesehatan. Sedangkan mentega mengandung kalori dan lemak jenuh tidak rendah sehingga tak baik bila dikonsumsi terlalu banyak, terutama oleh mereka yang punya persoalan dengan kadar kolesterol didalam darah.

3. Perbedaan Tekstur dan Warna

Membedakan mentega dan margarin juga mampu dilakukan dengan merasakan teksturnya. Tekstur mentega umumnya lebih lembek sedangkan tekstur margarin kebanyakan lebih padat.

Selain dari teksturnya, perbedaan mentega dan margarin juga dapat diketahui dari penampilan warna keduanya. Warna margarin umumnya lebih pucat, sementara warna mentega lazimnya mencondong lebih cerah (kuning cerah).

4. Perbedaan Cara Penyimpanan

Margarin umumnya tahan disimpan lama di udara terbuka karena tak mudah meleleh. Sementara mentega kalau disimpan di udara terbuka dalam waktu yang lama bakal mengalami degradasi mutu. Perubahan warna, tekstur yang semakin lembek, serta aroma tengik akan timbul akibat reaksi oksidasi senyawa mentega dengan udara bebas.

5. Perbedaan Rasa dan Aroma

Rasa dan aroma antara mentega dan margarin juga berbeda. Rasa mentega cenderung lebih asin sementara rasa margarin mencondong lebih asam. Perbedaan rasa keduanya terjadi akibat kandungan kimia bahan asal pembuatannya.

Dengan mencium aroma kedunaya, perbedaan mentega dan margarin juga dapat diketahui. Aroma mentega umumnya lebih sedap, sedangkan aroma margarin mencondong terasa seperti aroma susu. Untuk membedakan aroma keduanya, kita perlu memanaskan mereka di atas wajan sehingga sebagian senyawanya terurai ke udara.

6. Perbedaan Penggunaan

Karena spesifikasi asal materi pembuatannya berbeda, maka mentega dan margarin juga memiliki pemakaian yang berbeda. Mentega lebih cocok digunakan sebagai kue seperti cake dan beberapa macam kua basah lainnya sedangkan margarin lebih cocok digunakan untuk menumis atau menggoreng makanan. Kendati demikian, untuk membuat kue dengan tekstur yang baik, kombinasi keduanya juga diperlukan dengan komposisi yang berimbang.

Nah, itulah sejumlah perbedaan antara margarin dan mentega yang Kamu wajib tahu. Mulai sekarang, saya harap Anda tidak salah lagi saat memilih kedua materi tersebut untuk keperluan memasak Anda. Jika banyak kawan Kamu yang belum tahu, silakan share artikel ini melewati tombol share Facebook di bawah ini. Moga-moga bermanfaat. Salam.

Perbedaan Mentega dan Margarin yang Ibu Harus Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar