Kamis, 26 Oktober 2017

Perbedaan Madu Asli dan Palsu yang Bisa dengan Mudah Diketahui

Tingginya permintaan madu di kalangan masyarakat yang tidak diimbangi dengan peningkatan produksi madu, saat ini sudah dimanfaatkan sebagian oknum pedagang untuk meraup keuntungan lebih banyak dengan menjual madu palsu. Berbagai produk madu palsu dengan kandungan yang antah berantah, kini tentu sangat marak di pasaran. Sebagai konsumen kita perlu jeli. Kita mesti bisa membedakan mana madu asli dan mana madu yang palsu saat akan membeli madu di pasaran.

Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Secara sekilas, madu asli dan palsu memang susah dibedakan. Kenampakan fisik yang nyaris sama membuat kita sering terkecoh. Akan tetapi, bukan berarti bahwa tak ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membedakannya. Perbedaan madu asli dan palsu bisa kita ketahui dengan melakukan tes simpel dan indikator seperti yang disajikan pada tabel berikut.
PerbedaanMadu AsliMadu Palsu
Tes menggunakan airTidak akan menjadi mudah bercampur dengan airMudah bercampur dengan air
Tes menggunakan kertasTidak akan berlubangAda bekas lubang atau sobekan
Tes menggunakan pasirTidak akan berubah atau menyebarMenyebar ke bagian pasir sekitarnya
Tes menggunakan apiBatang korek api tenggelam dan api mati perlahanBatang korek api tenggelam dan api mati dengan cepat.
Tes menggunakan semut Semut tak akan masuk ke bagian dalam maduSemut akan masuk ke dalam madu
Tes menggunakan kulkasTidak membekuMembeku dalam waktu yang lama
WarnaMadu asli memiliki warna yang pekat dan keruhMemiliki warna yang jauh lebih bersih dan cair

1. Tes Air

Perbedaan madu asli dan palsu dapat dengan tidak sulit kita ketahui dengan melakukan tes simpel menggunakan air. Campurkanlah satu sendok madu ke dalam segelas air kemudian aduk hingga merata. Karena adalah koloid, madu umumnya tak akan larut dalam air. Ia akan mengendap di dasar gelas dan terpisah dengan menggunakan air meskipun telah diaduk sedemikian rupa. Sementara madu palsu umumnya bakal tetap larut dalam air dan tak mengendap.

2. Tes Kertas

Kita juga dapat mengetahui keaslian madu yang kita beli mengunakan tes kertas. Tes ini sangat sederhana. Siapkan selembar kertas tipis, boleh kertas koran atau tisu, lalu berikan 2-3 tetes madu ke atasnya. Kertas yang ditetesi madu asli umumnya tidak akan membasahi dan melubangi kertas karena tidak memiliki kandungan air dalam jumlah tidak sedikit serta ikatan kohesi antar partikel madu yang kuat. Sementara kertas yang ditetesi madu palsu akan dengan cepat berlubang dan basah, hal ini karena madu palsu umumnya mengandung air dalam jumlah banyak.

3. Tes Pasir

Mengetes keaslian madu juga dapat dilakukan menggunakan media pasir. Perbedaan madu asli dan palsu bakal jelas terlihat jika sesendok madu diletakan di atas gundukan pasir. Madu asli yang sangat lengket. Gaya kohesi yang tinggi antar partikel madu memungkinkan ia tak berubah bentuk dan meluber ke mana-mana. Sementara madu palsu memiliki taraf kelengketan yang tidak tinggi akan dengan mudah merembes ke dalam pasir.

4. Tes Api

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan madu asli dan palsu ialah dengan tes api. Tes sederhana ini dilakukan dengan langkah-langkah memasukan sebatang korek api yang telah dinyalakan ke dalam gelas berisi madu.

Korek api yang dimasukan ke dalam madu asli akan tenggelam dan terhisap pelan-pelan ke dalam madu baru lalu apinya mati. Sementara korek api yang dimasukan ke dalam madu palsu bakal tenggelam dan dengan cepat apinya padam sebelum terhisap ke dalam madu. Perbedaan ini menunjukan bahwa madu asli umumnya mempunyai taraf kelembaban yang rendah, sementara madu palsu dengan adanya kandungan airnya mempunyai level kelembaban yang tinggi.

5. Tes Semut

Semut memang hewan yang menyukai makanan manis. Namun lebih dari itu, semut ternyata juga dapat membedakan mana rasa manis yang dimiliki madu asli dan mana rasa manis yang dimiliki madu palsu.

Jika semut menemukan madu asli, ia bakal berkerumun dan cuma mengambil madu dibagian sisi-sisinya. Sedangkan jika menemukan madu palsu, dia bakal berkerumun dan masuk ke bagian dalam madu.

6. Tes Kulkas

Dengan sederhana, perbedaan madu asli dan palsu juga bisa diketahui dengan meletakannya di dalam kulkas atau lemari pendingin. Seperti halnya putih telur, madu asli juga adalah koloid yang tak bakal pernah membeku walau berada dalam suhu dingin. Sementara madu palsu sebaliknya, ia bakal membeku kalau disimpan dalam suhu tidak tinggi terlalu lama.

7. Tes Warna

Secara umum, madu asli memiliki warna yang keruh dan pekat. Ia bakal mengandung kotoran seperti sisa bekas sarang atau serbuk sari yang dikumpulkannya. Kotoran-kotoran ini tidak bakal bisa lenyap meskipun telah disaring karena sangat lekat dengan madu. Sementara madu palsu biasanya memiliki warna yang jernih, bersih, dan menarik.

Nah, itulah sejumlah cara membedakan madu asli dan palsu yang mungkin bisa Anda coba. Kita memang harus benar-benar selektif saat membeli madu. Madu palsu tak akan memberikan kegunaan kesehatan, malah malah bisa menyebabkan munculnya penyakit karena bahan kimia yang dikandungnya. Oleh karenanya, bila teman Anda mungkin belum tahu perbedaan madu asli dan palsu yang telah kami jelaskan ini. Alangkah baiknya bila Anda menshare tulisan ini ke teman-teman Anda. Moga-moga bermanfaat!

Perbedaan Madu Asli dan Palsu yang Bisa dengan Mudah Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar