Senin, 23 Oktober 2017

Perbedaan Planet Dan Bintang dalam Ilmu Astronomi

Saat memandang angkasa di malam hari, kita bakal melihat berbagai benda langit yang bercahaya dengan begitu mempesona. Berjuta-juta benda langit yang kita lihat tersebut, dalam ilmu astronomi, secara umum dapat dibedakan menjadi 2 saja, yaitu planet dan bintang. Planet dan bintang sama-sama memancarkan sinar dan terlihat dari bumi. Akan tetapi sinar antara kedua benda angkasa ini, kalau diamati dengan seksama ternyata memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan planet dan bintang ditinjau dari sinar yang dipancarkannya? Simak jawabannya berikut ini!

Perbedaan Planet Dan Bintang

Perbedaan Planet Dan Bintang

Perbedaan planet dan bintang sesungguhnya tidak hanya terletak pada sinar yang dihasilkannya. Perbedaan kedua benda langit ini juga terletak pada gerakan, massa, ukuran, dan sejumlah hal lain sebagaimana ditunjukan pada tabel di bawah ini!

PerbedaanPlanetBintang
Sumber cahayaMemantulkan cahaya dari sumber lainBerasal dari intinya
Kenampakan cahaya dari permukaan bumi TerangRedup
Kelipan cahayaTidak berkelip-kelipBerkelip-kelip
Suhu permukaanPanas dibagian yang terkena cahayaSangat panas
Massa dan ukuranLebih ringan dan lebih kecilLebih berat dan lebih besar
GerakanRotasi dan revolusiRotasi
Siang dan malamMemiliki periode siang dan malamTidak memiliki periode siang dan malam

1. Perbedaan Sumber Cahaya

Meski sama-sama memancarkan cahaya, planet dan bintang ternyata mempunyai sumber cahaya yang berbeda. Cahaya yang dimiliki bintang berasal dari proses pembakaran hidrogen yang ada di inti fusinya. Sementara cahaya yang dipancarkan oleh planet berasal dari pantulan cahaya sumber lain. Cahaya planet timbul sebagaimana mekanisme munculnya cahaya bulan.

2. Kenampakan Cahaya dari Permukaan Bumi

Jarak bintang yang lebih jauh daripada jarak planet membuat cahaya yang sampai ke permukaan bumi terbagi ke dalam babak-babak dengan periode berbeda-beda. Hal ini menyebabkan cahaya bintang yang dilihat dari bumi akan tampak lebih redup dan berkelip-kelip. Sementara cahaya planet akan menjadi lebih tidak gelap dan tak berkelip karena jarak planet dengan permukaan bumi mencondong lebih dekat. Perbedaan planet dan bintang inilah yang seringkali dijadikan ciri bagi seorang pengamat dalam menentukan apakah suatu benda langit tergolong ke dalam planet atau bintang.

3. Perbedaan Massa dan Ukuran

Ditinjau dari massa-nya, planet dan bintang juga berbeda. Perbedaan planet dan bintang dari segi massa juga berpengaruh terhadap perbedaan ukuran keduanya. Bintang memiliki massa sekaligus ukuran yang tidak dekat lebih gede daripada planet. Sebagai gambaran, massa mentari sebagai bintang yang terdekat dengan bumi kalau daripada dengan massa bumi adalah  sekitar 332.946 banding 1.

4. Perbedaan Suhu Permukaan

Karena memiliki sumber cahaya yang berbeda, maka suhu permukaan antara planet dan bintang juga berbeda. Suhu bintang bakal sama dan sangat panas di setiap sisinya, sementara suhu permukaan planet berbeda-beda di tiap sisinya. Sisi yang terkena cahaya pantulan akan sangat tinggi, sedangkan sisi yang tidak terkena cahaya bakal sangat rendah.

5. Perbedaan Gerakan

Perbedaan planet dan bintang juga mampu kita identifikasi dari gerakannya. Planet melakukan gerak rotasi dan revolusi secara permanen dengan kecepatan tertentu sehingga jika diamati dengan teleskop bakal jelas terlihat ia seolah sedang berjalan, sementara bintang hanya melakukan gerak rotasi saja sehingga cenderung terlihat diam meskipun diamati dengan seksama.

6. Perbedaan Ada Tidaknya Siang dan Malam

Karena tak mempunyai sumber cahaya sendiri, planet umumnya mempunyai periode siang dan malam. Planet bumi misalnya, memiliki periode siang dan malam masing-masing 12 jam, sementara bintang tidak mengenal siang dan malam. Bintang cuma mengenal siang saja karena cahaya ada di setiap sisinya akibat pembakaran fusi yang terjadi sepanjang waktu.

Nah, demikianlah sejumlah perbedaan planet dan bintang yang dapat kami jelaskan. Semoga bisa menambah wawasan astronomi Anda. Moga-moga bermanfaat!

Perbedaan Planet Dan Bintang dalam Ilmu Astronomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar