Jumat, 03 November 2017

Perbedaan Monera dan Protista dalam Sistem Kingdom

Perbedaan monera dan protista sangat mendasar tapi kadang - kadang tidak sedikit yang masih salah mengidentifikasi mana yang monera dan mana yang protista. Monera dan protista adalah bagian dari sistem Kingdom yang dikemukakan Whitteker. Perbedaan dari dua jenis Kingdom ini dapat dilihat dari pengertian, inti sejati yang terdapat di dalamnya dan ukurannya. Ada berbagai hal yang dapat membedakan antara monera dan protista sendiri. Dengan mengenali perbedaan dari monera dan protista ini akan menjadi lebih gampang untuk mengidentifikasikan dari keduanya.

Perbedaan Monera dan Protista dalam Sistem Kingdom,

Berikut akan diberi secara rinci apa saja perbedaan monera dan protista secara rinci untuk membantu dalam mengidentifikasi keduanya.

1. Perbedaan dari pengertian
Pengertian monera dan protista jelas sangat berbeda. Monera sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni moneres yang artinya tunggal, dalam sistem 5 kingdom monera digolongkan pada makhluk hidup yang memiliki sel tunggal. Sedangkan protista sendiri mikroorganisme eukariota yang tak tergolong di dalamnya hewan, tumbuhan dan fungi. Meskipun sama-sama memiliki sel tunggal tapi anggota dari monera berbeda dengan protista. Di dalam monera seluruh makhluk hidup yang memiliki sel tunggal, sedangkan protista bukan hewan, tumbuhan atau fungi.

2. Perbedaan ukuran
Perbedaan monera dan protista bisa dilihat dari ukurannya. Ukuran dari monera lebih tidak besar daripada dengan ukuran protista. Pada protista inti sel dikelilingi oleh membran sedangkan pada monera tak memiliki membran sel. Hal inilah yang membuat protista dan monera memiliki ukuran yang berbeda. Membran sel yang terdapat pada protista membuat ukurannya lebih gede daripada dengan monera yang tak memiliki membran sel.

3. Perbedaan inti sel
Perbedaan yang mencolok pada monera dan protista merupakan inti sel yang terdapat di dalamnya. Pada monera tak memiliki inti sel sejati yang terikat pada membran inti. Sedangkan pada protista memiliki inti sel sejati yang menempel pada membran intinya sendiri. Monera sendiri tak memiliki fitur organel tambahan, berbeda dengan protista yang memiliki organel tambahan yang lebih kompleks dalam organisatoris.

4. Perbedaan pembelahan
Perbedaan antara protista dan monera yang lainnya merupakan dalam proses pembelahannya. Monera melakukan pembelahan dengan langkah-langkah amitosis sedangkan protista melakukan pembelahan sel dengan langkah-langkah mitosis. Cara pembelahan ini merupakan langkah-langkah reproduksi monera dan protista, meskipun sama-sama membelah tapi langkah-langkah yang dilakukan sangat berbeda.

5. Cara mendapatkan makanan
Perbedaan yang terakhir yakni dalam mendapatkan makanannya. Monera sebagai mikroorganisme bisa untuk bisa menghasilkan makanannya sendiri. Sedangkan protista wajib mencari makan sendiri dan tidak dapat membuatnya sendiri seperti monera.

Monera dan protista jelas berbeda, dilihat dari pengertian, ukuran, inti sel, pembelahannya, dan bagaimana dalam mendapatkan makanan. Akan tetapi dari perbedaan ini, dalam monera dan protista memiliki persamaan juga. Persamaan pertama yakni monera dan protista sama-sama mikroorganisme yang memiliki sel tunggal atau bahkan multisel. Selain itu, persamaan lainnya yakni dalam anggotanya, anggota monera dan protista ada yang sama yakni ganggang. Kingdom protista pada alhasil tidak dapat dipertahankan karena tidak sedikit alasan. Memang kalau dilihat dari perbedaan monera dan protista terdapat banyak perbedaan yang menonjol tapi ada juga sejumlah persamaan dari keduanya.

Perbedaan Monera dan Protista dalam Sistem Kingdom Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar